Buah pir memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh
Health

8 Manfaat Sehat Konsumsi Buah Pir, Bisa untuk Diet dan Cegah Kanker

Mutiara Nabila
Jumat, 30 Agustus 2024 - 20:35
Bagikan

5. Memiliki Efek Antikanker

Pir mengandung berbagai senyawa yang dapat menunjukkan sifat antikanker. Misalnya, kandungan antosianin dan asam klorogenatnya telah terbukti melindungi terhadap kanker. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya buah-buahan, termasuk pir, dapat melindungi terhadap beberapa kanker, termasuk kanker paru-paru dan perut. 

Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya flavonoid seperti pir juga dapat melindungi terhadap kanker payudara dan ovarium. 

Meskipun makan lebih banyak buah dapat mengurangi risiko kanker, namun memang masih diperlukan lebih banyak penelitian dan buah pir tidak boleh dianggap sebagai pengganti pengobatan kanker.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Pir, terutama yang berwarna merah, dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

Satu studi yang dilakukan terhadap lebih dari 200.000 orang menemukan bahwa mengonsumsi lima atau lebih porsi buah kaya antosianin setiap minggu seperti pir merah dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 sebesar 23% lebih rendah. 

Selain itu, sebuah studi dengan tikus pada 2015 mencatat bahwa senyawa tanaman, termasuk antosianin, dalam kulit pir menunjukkan efek antidiabetes dan antiinflamasi. 

Terlebih lagi, serat dalam pir memperlambat pencernaan, memberi tubuh lebih banyak waktu untuk memecah dan menyerap karbohidrat. Ini juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. 

7. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pir dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Antioksidan prosianidinnya dapat mengurangi kekakuan pada jaringan jantung, menurunkan kolesterol LDL (jahat), dan meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Kulitnya mengandung antioksidan penting yang disebut quercetin, yang diyakini bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. 

Sebuah studi pada 40 orang dewasa menemukan bahwa memakan 2 buah pir berukuran sedang setiap hari selama 12 minggu menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan lingkar pinggang berlebih. 

Studi lain pada 2015 yang melibatkan lebih dari 30.000 wanita mengungkapkan bahwa setiap porsi buah 80 gram setiap hari menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 6%–7%.  

Selain itu, mengonsumsi buah pir dan buah berdaging putih lainnya secara teratur dianggap dapat menurunkan risiko stroke. Sebuah studi besar yang melibatkan lebih dari 20.000 orang juga menemukan bahwa setiap 25 g buah berdaging putih yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan risiko stroke hingga 9%.

8. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Pir rendah kalori, tinggi air, dan kaya serat. Kombinasi ini menjadikannya makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan, karena serat dan air dapat membantu kenyang lebih lama. Saat kenyang, Anda akan secara alami cenderung tidak makan terus menerus.

Dalam satu studi selama 12 minggu, 40 orang dewasa yang makan dua buah pir setiap hari menurunkan lingkar pinggang hingga 0,7 centimeter.

Ditambah lagi, sebuah studi pada 2008 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi tiga buah pir per hari ke dalam pola makan mereka selama 10 minggu kehilangan berat rata-rata 0,84 kilogram.

 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro