Cacar monyet/kemenkes
Health

Pasien Mpox Kekurangan Obat-obatan dan Makanan di Rumah Sakit Kongo Timur

Mia Chitra Dinisari
Senin, 2 September 2024 - 14:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lusinan pasien monkey pox atau mpox terbaring di kasur tipis di lantai bangsal isolasi darurat mpox di Republik Demokratik Kongo timur.

Pekerja rumah sakit juga mulai kelelahan bergulat dengan kekurangan obat dan kurangnya ruang untuk menampung pasien. 

Kongo adalah pusat wabah mpox yang bulan lalu dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai darurat kesehatan masyarakat global.

Dilansir dari reuters, vaksin akan tiba dalam beberapa hari untuk melawan jenis virus baru ini, sementara Presiden Kongo Felix Tshisekedi telah mengizinkan pencairan dana pertama sebesar $10 juta untuk melawan wabah tersebut.

Namun di kompleks rumah sakit di kota Kavumu, di mana 900 pasien yang menunjukkan gejala telah dirawat selama tiga bulan terakhir, petugas kesehatan sangat membutuhkan dukungan.

“Kami kehabisan obat setiap hari,” kata kepala dokter Musole Mulamba Muva.

Dia mengatakan ada banyak tantangan yang harus kita atasi dengan cara lokal. Sumbangan dari organisasi internasional menyusut dengan cepat.

Minggu lalu ada 135 pasien di bangsal mpox, gabungan anak-anak dan orang dewasa, berdesakan di antara tiga tenda plastik besar yang dipasang di tanah lembab tanpa penutup lantai.

Kerabat yang biasanya menyediakan sebagian besar makanan di fasilitas umum yang kekurangan dana seperti rumah sakit Kavumu dilarang mengunjungi bangsal mpox untuk menghindari kontaminasi.

Ketua tim tanggap mpox Kongo, Cris Kacita, mengakui bahwa sebagian wilayah di negara Afrika tengah yang luas itu kekurangan obat-obatan dan pengiriman sumbangan, termasuk 115 ton obat-obatan dari Bank Dunia, merupakan prioritas.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro