kawah Al-Wahbah/saudiarabiatours
Travel

Kawah Al-Wahbah di Arab Saudi Masuk Jajaran Keajaiban Geologi Dunia

Mia Chitra Dinisari
Senin, 2 September 2024 - 11:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kawah Al-Wahbah, yang juga dikenal sebagai Maqla Tamiyyah, masuk dalam jajaran keajaiban geologis teratas dunia.

Kawah ini merupakan bagian dari padang vulkanis yang lebih besar yang mencakup 175 kerucut vulkanis, yang berasal dari jutaan tahun lalu dan membentang di area seluas sekitar 6.000 km persegi.

Kawah Al-Wahbah, yang juga dikenal sebagai Maqla Tamiyyah, merupakan bagian dari padang vulkanis yang lebih besar yang mencakup 175 kerucut vulkanis, yang berasal dari jutaan tahun lalu dan membentang di area seluas sekitar 6.000 km persegi.

Dilansir dari Alarabiya news, pengakuan oleh Persatuan Ilmu Geologi Internasional dan UNESCO menyoroti signifikansi luar biasa kawah tersebut tidak hanya di dalam Kerajaan, tetapi juga secara global.

Kawah Al-Wahbah, juga dikenal sebagai Maqla Tamiyyah, adalah kawah maar — jenis situs vulkanik yang terbentuk oleh letusan freatik, ledakan uap dahsyat yang disebabkan oleh magma yang berinteraksi dengan air tanah.

Abdulaziz bin Laboun, Ketua dewan direksi Saudi Geologists Cooperative
Kawah tersebut, yang terletak di dataran tinggi basal Harrat Kishb sekitar 270 km timur laut Jeddah, menonjol karena skalanya yang sangat besar dan keindahannya.

Terbentuk sekitar 1,1 juta tahun yang lalu, kawah tersebut berdiameter sekitar 2,3 km dan kedalaman 250 meter, menjadikannya kawah gunung berapi terbesar dan terdalam di Arab Saudi. Kedalaman dan diameternya jauh lebih besar daripada kawah gunung berapi pada umumnya, dan memiliki danau garam dangkal yang terbentuk oleh akumulasi air hujan.

Kawah tersebut merupakan bagian dari padang gunung berapi yang lebih besar yang mencakup 175 kerucut gunung berapi, yang berasal dari jutaan tahun yang lalu dan membentang di area seluas sekitar 6.000 km persegi, menurut Saudi Press Agency.

Situs geologi seperti Kawah Al-Wahbah menawarkan wawasan berharga tentang sejarah dan proses Bumi. Dengan menyoroti landmark tersebut, kami meningkatkan kesadaran publik dan mendukung kemajuan penelitian geologi.

Abdulaziz bin Laboun, Ketua dewan direksi Koperasi Geologi Saudi
Tariq Aba Al-Khail, juru bicara Survei Geologi Saudi, menyoroti signifikansi global Kawah Al-Wahbah.

“Pengakuan Kawah Al-Wahbah sebagai salah satu dari 100 situs warisan geologi teratas diharapkan dapat meningkatkan profilnya sebagai tujuan utama untuk studi ilmiah dan pariwisata. Keistimewaan ini menekankan fitur geologisnya yang luar biasa dan menggarisbawahi signifikansinya pada skala lokal dan global.”

Kawah tersebut dipilih dari 174 situs yang dinominasikan di 64 negara, termasuk Arab Saudi, AS, Italia, Kanada, Selandia Baru, Tiongkok, Islandia, Mesir, dan Finlandia, Al-Khail menambahkan.

Dasar Kawah Al-Wahbah ditutupi dengan kristal natrium fosfat putih. Meskipun dulunya diyakini bahwa kawah tersebut terbentuk oleh meteorit karena bentuknya yang melingkar dan sisi-sisinya yang tinggi, para ahli geologi sekarang secara luas sepakat bahwa itu adalah kawah maar.

Abdulaziz bin Laboun, seorang pakar geologi dan ketua dewan direksi Saudi Geologists Cooperative, mengatakan: “Memublikasikan fenomena alam seperti Kawah Al-Wahbah melalui media dan menyoroti pentingnya fenomena tersebut secara ilmiah sangat penting untuk meningkatkan profil globalnya dan memajukan penelitian geologi.

“Pengakuan ini tidak hanya menyoroti pentingnya kawah tersebut, tetapi juga mendukung pengembangan ilmu geologi yang lebih luas di Arab Saudi.”

Kawah tersebut memiliki beberapa aspek yang unik, Laboun menambahkan.

“Ciri-ciri geologi kawah tersebut luar biasa, termasuk kedalamannya, yang menjadikannya kawah terdalam di Kerajaan, dan diameternya yang mencapai 2.000 meter. Daerah di sekitar kawah tersebut dicirikan oleh mata air alami, pepohonan, dan kebun palem, yang menjadikannya situs geologi yang langka dan khas. Selain itu, lokasinya di wilayah vulkanik terutama menambah keunikannya,” katanya.

Setidaknya ada 23 wilayah vulkanik yang terbentuk jutaan tahun lalu di Arab Saudi, yang meliputi sekitar 90.000 km persegi, atau sekitar 5 persen dari Kerajaan.

Letusan di ladang-ladang ini bervariasi, tetapi yang membedakan Kawah Al-Wahbah adalah pembentukannya di lingkungan akuatik — karakteristik kawah maar. “Kawah ini merupakan panggung imajinasi, yang sering dikaitkan dengan cerita rakyat setempat, termasuk kisah tentang seorang kekasih bernama Tamia, yang menurut legenda, terbang dari kawah ini menuju Gunung Qattan di Najd,” kata Laboun.

“Situs geologi seperti Kawah Al-Wahbah menawarkan wawasan berharga tentang sejarah dan proses Bumi. Dengan menyoroti landmark seperti itu, kami meningkatkan kesadaran publik dan mendukung kemajuan penelitian geologi.”

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro