Jeruk/kementan
Health

Hati-hati, Sarapan Makanan Berikut Ini Bisa Merusak Gigi Anda

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 12 September 2024 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sarapan adalah 'waktu makan terpenting' - yang memberi kita bahan bakar untuk menghadapi apa pun dalam 24 jam ke depan.

Namun, seorang dokter gigi menyarankan bahwa kita mungkin salah melakukannya.

Dr. Andrej Bozic, seorang ahli bedah mulut di Dentum, mengklaim bahwa beberapa makanan pokok sarapan klasik justru merusak gigi Anda terutama jika Anda (dengan tepat) menggosok gigi sebelum makan.

 "Tepat setelah menyikat gigi, email gigi Anda lebih rentan, dan apa yang Anda makan atau minum dapat melindungi atau merusak gigi Anda paparnya dilansir dari express.

"Dengan memberi waktu pada email gigi Anda untuk pulih [dari menyikat gigi di pagi hari] dan memilih makanan yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan mulut sambil tetap menikmati sarapan yang bergizi." tambahnya.

Pertama, Dr. Bozic membahas jus jeruk.

Meskipun minuman asam ini biasanya mengandung zat gizi mikro seperti vitamin C yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan gusi secara keseluruhan, ahli menyarankan bahwa meminumnya terlalu cepat dapat mengikis email gigi Anda.

Jika ini terjadi, lapisan dentin bagian bawah dapat terekspos, sehingga gigi Anda menjadi berwarna kekuningan yang tidak diinginkan.

"Menyikat gigi menghilangkan lapisan pelindung, sehingga email gigi Anda lebih rentan terhadap asam," kata Dr. Bozic.

[Sereal] yang mengandung gula dapat dengan cepat menghilangkan manfaat menyikat gigi [juga].

Pilih sereal yang kaya serat dan rendah gula seperti oatmeal sebagai gantinya."

Terakhir, Dr. Bozic menyarankan beberapa jenis buah. Sama seperti jus jeruk, buah jeruk yang segar seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali juga sangat asam dan berpotensi melemahkan email gigi.

Sebagai gantinya, dia merekomendasikan untuk memilih pisang dan apel, atau bahkan sejumlah makanan 'ramah gigi' yang tidak terduga.

"Telur, yoghurt tawar, roti gandum utuh, dan buah rendah asam seperti pisang menyediakan nutrisi tanpa risiko erosi email."

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro