Lampung menyediakan jenis olahan pisang sebagai oleh-oleh yang ditawarkan kepada para pelancong/Bisnis-Fanny K
Kuliner

JELAJAH PELABUHAN 2024: Menikmati Oleh-oleh Olahan Pisang Khas Lampung

Artha Adventy
Sabtu, 21 September 2024 - 16:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai penghasil pisang terbesar di Indonesia, Kota Bandar Lampung memiliki beragam jenis makanan olahan dari pisang. 

Para pelancong akan ditawarkan buah tangan yang tak jauh-jauh dari olahan pisang seperti keripik pisang, pie pisang, hingga brokis atau brownies kulit pisang. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pisang menempati urutan pertama sebagai buah-buahan yang paling banyak di produksi di Indonesia pada 2023. 

BPS mencatatkan produksi total buah Indonesia mencapai 28,24 juta ton sepanjang 2023. Pisang menjadi buah yang paling banyak diproduksi yaitu mencapai 9,34 juta ton, disusul mangga, nanas, dan jeruk siam. 

Sementara itu, untuk daerah penghasil pisang terbesar pada 2023, yaitu Jawa Timur sebanyak 2,80 juta ton, Lampung sebesar 1,32 juta ton, serta Jawa Barat sebesar 1,26 juta ton. 

Tim Jelajah Pelabuhan dan Logistik 2024 berkesempatan mengeksplorasi oleh-oleh khas Lampung utamanya yang berasal dari pisang. 

Berikut daftar oleh-oleh khas Lampung yang terbuat dari pisang:

  1. Keripik Pisang beraneka rasa 

Pernahkan mencoba keripik pisang dengan rasa unik seperti melon, stroberi, durian hingga kopi? 

Lampung menawarkan olahan keripik dengan rasa tidak biasa. Dengan dibanderol sekitar Rp20.000 per 250 gram, para pemburu oleh-oleh sudah bisa menikmati olahan unik ini. 

  1. Pie Pisang

Pie Pisang juga salah satu cemilan yang masih menjadi trend yang dicari oleh para pelancong yang berkunjung di Provinsi Lampung. 

Pie Pisang tersedia dalam dua ukuran dengan berbagai varian rasa. Tekstur pie pisang Lampung ini garing di luar, tetapi lembut di dalam dengan varian isi.

  1. Browkis 

Salah satu oleh-oleh khas Lampung berbahan dasar pisang adalah browkis, singkatan dari brownis kulit pisang. Camilan ini dibuat menggunakan tepung yang berasal dari kulit pisang yang sudah melalui proses sterilisasi sehingga aman untuk dijadikan bahan makanan.

Browkis khas Lampung memiliki cita rasa yang tak kalah dengan brownies pada umumnya. Selain itu, kandungan kulit pisang di dalamnya memberikan tambahan nutrisi seperti vitamin B6, B12, serat, dan protein. Browkis tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti stroberi, keju, coklat, dan lainnya.

Selain olahan pisang, Lampung juga terkenal dengan oleh-oleh kopi, kain tapis, lempok durian, hingga kemplang. 

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro