Hari libur nasional 2024 menjadi waktu yang tepat untuk merencanakan jadwal travelingmu
Travel

Travel Fair Bakal Digelar di 4 Kota Indonesia

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 25 September 2024 - 12:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Travel Fair akan digelar di empat kota sekaligus di Indonesia mulai 27 September hingga 3 Novemver 2024 mendatang.

Program bernama DiIndonesiaAja Travel Fair (DIATF) itu, tahun disebar ke 4 kota berbeda yakni Jakarta, Surabaya, Makassar
dan Medan.

Ini merupakan program travel fair dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama dengan Kementerian Pariwisata, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO).

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo Manuhutu menyampaikan penyelenggaraan DIATF tahun sebelumnya sebagai bagian dari program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) telah menunjukan dampak positif bagi pariwisata nasional dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Nusantara (wisnus) yang mencapai 825,8 juta.

Angka tersebut menurutnya merupakan tertinggi dalam Sejarah pariwisata domestik Indonesia.

Odo menjelaskan bahwa pemilihan keempat kota tersebut diselaraskan dengan daerah sumber pergerakan wisnus yang tinggi, sehingga dapat lebih memperluas sasaran awareness BBWI. Dirinya kemudian menerangkan adanya kolaborasi dengan empat pemerintah provinsi lokasi target program DIATF semakin menunjang kesuksesan kegiatan tersebut.

Menurutnya, pemerintah daerah memegang peranan penting dalam penguatan awareness atas pariwisata di Indonesia, khususnya dalam implementasi strategi pengembangan pariwisata Nusantara di seluruh daerah.

“Tahun ini hasil rapat Rakornas lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) memproyeksikan dapat mencapai 990 juta, dan tetap tertinggi sepanjang sejarah. Untuk mencapai hal tersebut, travel fair yang diperluas ke 3 provinsi lainnya akan mendorong awareness dan kebanggaan masyarakat dalam melaksanakan wisata di Indonesia Aja,” ungkap Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini.

Dirinya menyampaikan bahwa selain dari destinasi di provinsi tempat penyelenggaraan, lima DPSP juga akan turut dipromosikan. Berbagai kegiatan event daerah yang dapat dikunjungi oleh masyarakat juga akan dipromosikan pada travel fair tersebut.

Ketua ASTINDO, Pauline Suharno menyampaikan ASTINDO memberikan diskon dan promo pada travel fair tersebut sehingga menarik.

Adapun promonya yaitu, promo paket wisata 20% s.d 25%, diskon tambahan senilai Rp150.000 s.d Rp1.000.000 pada jam tertentu, cicilan 0% kemudian, kerja sama dengan perbankan memberikan potongan Rp300.000 dengan minimal transaksi Rp3.000.000.

“Kami berharap akan terbangun awareness yang melekat yang bukan saja terpusat di Jakarta, namun juga di luar Jawa. Kita juga ingin agar kebanggaan berwisata di Indonesiaini turut menjadi program milik pemerintah daerah. Oleh karena itu, keterlibatan pemda di

Berikut lokasi pelaksanaan DIATF

a. di Surabaya- Mall Tunjungan Plaza, pada tanggal 27- 29 September 2024;
b. di Jakarta- Mall Puri Indah, pada tanggal 4-6 Oktober 2024;
c. di Medan-Mall Center Point, pada 25-27 Oktober 2024; dan
d. di Makassar-Mall Panakkukang, pada 1-3 November 2024

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro