Pengunjung mencari informasi tentang produk kecantikan di Margo City, Depok, Jawa Barat. Bisnis/Nurul Hidayat
Health

Tips Kulit Sehat, Cara Pakai Skincare Saat Umur 20 Tahun

Redaksi
Senin, 30 September 2024 - 09:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Riset mengatakan usia 20 tahun merupakan waktu yang ideal untuk mulai melakukan perawatan dan menerapkan kebiasaan yang menyehatkan kulit.

Seiring bertambahnya usia, sel kulit manusia cenderung akan lebih rentan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, perawatan diri yang tepat akan membantu kulit lebih terjaga dan terawat.

"Pilihan skincare yang Anda gunakan sekarang akan memengaruhi seperti apa kulit Anda pada beberapa tahun kedepan, dan seterusnya,” kata dokter kulit Rajani Katta, dikutip Senin (30/9/2024).  

Dilansir dari American Academy of Dermatology, terdapat 5 tips skincare yang harus dimulai sejak usia 20 tahunan:

1. Gunakan cleanser yang sesuai jenis kulit Anda

Cleanser sangat penting untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di wajah.

Gunakanlah cleanser yang sesuai dengan kondisi kulit. Bila kulit Anda berjerawat, gunakanlah cleanser dengan kandungan yang dapat mengangkat minyak dari wajah dan bila kulit Anda kering, gunakanlah cleanser yang dapat menghidrasi kulit.

2. Gunakanlah skincare yang sesuai dengan masalah utama kulit Anda

Masalah kulit di awal usia 20 tahun bisa sangat bervariasi. Anda bisa menggunakan serum atau krim vitamin C untuk mengurangi penuaan kulit dan bintik hitam di wajah. Penggunaan vitamin C ini dapat digunakan setelah mencuci muka di pagi hari sebelum Anda memakai sunscreen.

Selain itu, Anda dapat menggunakan retinol (skincare berbasis vitamin A). Produk skincare yang berbasis retinoid dapat membantu Anda untuk mengatasi kerutan di wajah, jerawat, dan bintik hitam.

Kandungan retinoid ini biasanya terdapat pada retinol. Menggunakan retinol akan mempercepat pergantian sel kulit baru dan memperbaiki tekstur kulit Anda. 

Sebelum menggunakan retinol, kenali jenis kulit Anda, dan cukup gunakan 1-2 kali dalam seminggu agar terhindar dari iritasi. Gunakan retinol atau produk skincare berbasis retinoid lainnya 20 - 30 menit setelah mencuci muka sebelum tidur.

3. Terapkan ACT (Adjustable, Consistent, and Tailored) dalam rutinitas penggunaan skincare

Rutinitas penggunaan skincare harus dapat disesuaikan dan konsisten karena setidaknya diperlukan waktu 30 hari untuk mengetahui apakah produk skincare yang Anda gunakan berhasil. 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro