Pasangan perempuan dan pria sedang berkencan/freepik
Travel

Kabar Baik, Traveling Bikin Awet Muda dan Cegah Penuaan Dini

Redaksi
Senin, 30 September 2024 - 16:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian terbaru menemukan bahwa traveling tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat bantu mencegah penuaan dan panjang umur.

Sebuah studi yang dilakukan oleh doktor di Edith Cowan University menunjukkan bahwa traveling dapat membantu meringankan stress kronis, mengatur sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan fungsi sistem pertahanan tubuh. 

Melansir dari laman resmi Edith Cowan University, pengalaman positif saat traveling dapat mengurangi entropi sehingga dapat meningkatkan kesehatan. Sebaliknya, pengalaman negatif dapat meningkatkan entropi dan membahayakan kesehatan. 

“Penuaan, sebagai sebuah proses, tidak dapat diubah. Meskipun tidak dapat dihentikan, proses penuaan ini dapat diperlambat,” ujar Fangli Hu, doktor sekaligus peneliti utama dari Edith Cowan University, dikutip Senin (30/9/2024).

Doktor Hu menjelaskan, traveling biasanya memperkenalkan orang pada lingkungan baru dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Hal-hal tersebut dapat meningkatkan laju metabolisme dan merangsang respon stress. Hasilnya, sistem pertahanan diri menjadi lebih kuat dan hormon mendukung perbaikan dan regenerasi jaringan. 

Berikut beberapa manfaat utama traveling:

1. Memberikan Stimulasi Mental

Dilansir dari Real Simple, pengalaman baru yang diberikan dari traveling membantu meningkatkan fungsi kognitif dan bahkan menangkal penurunan kognitif yang sering terjadi seiring bertambahnya usia.

2. Mendorong Aktivitas Fisik

Traveling dapat membantu tubuh agar tetap bergerak, di mana ini sangat penting untuk menjaga kekuatan tubuh seiring bertambahnya usia.

3. Memberikan Energi

Rasa senang saat traveling dapat berpengaruh terhadap peningkatan energi sehingga menjadi lebih bersemangat.

4. Mengurangi Stres

Menjauh dari rutinitas kehidupan sehari-hari dapat membantu mengurangi stres karena terbebas dari tekanan yang datang seiring beranjak dewasa. Traveling bisa menjadi salah satu aktivitas yang efektif untuk mengisi ulang tenaga.

5.  Meningkatkan Ketahanan Diri

Seperti apa yang disampaikan oleh doktor Hu, traveling dapat merangsang respon stress sehingga tubuh terlatih menjadi lebih adaptif dan tangguh terhadap situasi yang membuat stress dan memperlambat proses penuaan. 

Traveling tidak harus dilakukan langsung ke tempat yang jauh. Mulailah dari liburan kecil di akhir pekan atau melakukan perjalanan sehari ke kota-kota terdekat. Berkomunikasilah dengan orang baru dan lakukan wisata kuliner untuk menciptakan kesenangan baru dari traveling. (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro