Bayi baru lahir
Health

Mengenal Manfaat Alga Bladderwrack untuk Kesehatan Kulit Termasuk untuk Bayi

Mutiara Nabila
Minggu, 6 Oktober 2024 - 10:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Saat ini penggunaan skincare atau produk perawatan kulit sudah menjadi kewajiban, agar kulit tetap terjaga kesehatannya. 

Beberapa bahan aktif pelembap kulit juga sudah begitu dikenal oleh para pengguna skincare seperti Ceramide, atau hyaluronic acid. Tapi adakah yang mengenal bahan alga bladderwrack?

Salah satu produk skincare lokal khusus untuk bayi, Heymama, yang baru-baru ini diluncurkan, menggunakan bahan ini sebagai pelembap yang diklaim aman bahkan untuk bayi. 

Bahan ini masih belum begitu familiar digunakan di Indonesia, oleh karena itu bahan ini baru bisa didapatkan diimpor dari Eropa. 

Lantas apa itu bladderwrack dan apa saja manfaatnya untuk kulit?

Mengutip Healthline, bladderwrack adalah sejenis rumput laut coklat yang dapat dimakan yang telah digunakan sebagai obat alami selama berabad-abad. 

Bahan ini telah digunakan dalam praktik pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai kondisi, seperti kekurangan yodium, obesitas, nyeri sendi, masalah pencernaan, infeksi saluran kemih, dan disfungsi tiroid, termasuk hipertiroidisme, hipotiroidisme, dan perkembangan gondok, sampai penuaan kulit. 

Bladderwrack kaya akan antioksidan, seperti phlorotannin, fucoxanthin, asam alginat, fucoidan, serta vitamin A dan C. Zat phlorotannin dan fucoxanthin dikenal karena aktivitas antioksidannya yang tinggi dan kemampuannya untuk membersihkan radikal bebas. 

Radikal bebas sendiri adalah senyawa berbahaya yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis serta penuaan dini. 

Bladderwrack juga kerap digunakan sebagai pengobatan topikal untuk masalah kulit, seperti selulit, penuaan kulit, dan luka bakar.

Penelitian awal telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam bladderwrack, yaitu fucoidan, meningkatkan sintesis kolagen di kulit, yang dapat membantu memperbaiki tampilan selulit, meningkatkan penyembuhan kulit, dan menunda penuaan dini pada kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada bladderwrack telah dikaitkan dengan berkurangnya kerusakan kolagen dan elastin saat diaplikasikan pada sampel kulit manusia. Mencegah kerusakan kolagen dan elastin penting untuk kulit yang awet muda.

Dokter spesialis kulit, dr. Arini mengatakan bahwa meskipun kandungan ini erat kaitannya dengan mencegah penuaan dan radikal bebas, namun sebenarnya produk perawatan kulit yang mengandung penangkal radikal bebas sudah bisa dipakai sejak bayi baru lahir. 

"Jadi yang penting untuk bayi menjaga tetap bersih dan menjaga kelembapannya, dengan produk yang tepat. Pemakaian pelembap sudah disarankan dipakai dari lahir bahkan untuk bayi yang prematur. Ada riset bahwa penggunaan pelembap secara rutin pada bayi prematur bisa mencegah sepsis, karena pertahanan kulit bayi sangat lemah, dengan menggunakan pelembap bisa melindungi kulit bayi dari radikal bebas, alergen, polutan dan lainnya," jelasnya, Jumat (4/10/2024).

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro