Gunung Fuji di Jepang/gov-online.go.jp/
Travel

15 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Paling Indah di Dunia

Mutiara Nabila
Selasa, 8 Oktober 2024 - 11:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Dunia menyimpan banyak tempat-tempat yang luar biasa indah. Beruntung tempat-tempat tersebut mendapat perhatian UNESCO sehingga lebih terjaga dan dilestarikan.

Didirikan pada 1945, UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa) telah menjadi lembaga yang memastikan kelestarian tempat-tempat bersejarah dan dilindungi di dunia. 

UNESCO kemudian mulai menggelar Konvensi Warisan Dunia pada 1972, dan dengan mulai menyusun katalog tempat-tempat paling luar biasa di dunia, yang mencakup segala hal mulai dari gunung dan laut hingga arsitektur dan kepercayaan.

Daftar tersebut sekarang mencakup 1.223 situs di 168 negara, dari Afghanistan hingga Zimbabwe, dengan banyak keajaiban di antaranya. Bahkan dalam daftar yang begitu komprehensif, tempat-tempat tertentu menonjol, terutama jika berbicara tentang keindahannya.

Mengutip TimeOut Travel, berikut ini adalqh daftar 15 situs warisan dunia tercantik yang ada dalam.daftar UNESCO:

1. Kepulauan Galapagos, Ekuador

Situs pertama yang masuk dalam daftar Warisan UNESCO ini juga merupakan salah satu tempat paling luar biasa di planet ini. Kepulauan ini paling terkenal dengan satwa liarnya yang unik, tetapi mudah untuk mengabaikan betapa spektakulernya pemandangan alamnya. 

Galapagos adalah "surga" dengan perairan berwarna biru kehijauan, tanaman hijau subur, dan suasana yang tidak ada duanya di tempat lain.

2. Venesia, Italia

Venesia meskipun masih bergulat dengan kelebihan wisatawan, tetapi keindahan kota yang terkenal itu memang tidak dapat disangkal. Perairan Venesia sangat tepat untuk mendapatkan perhatian dari seluruh dunia, dan tidak ada tempat yang lebih romantis di Eropa dari Venesia. Bisa dibilang sebagai kota ini juga yang paling inspiratif di Eropa, Venesia mungkin adalah kota UNESCO paling ajaib di benua itu.

3. Bwindi Impenetrable National Park, Uganda

Taman Nasional Bwindi Impenetrable di Uganda sesuai dengan namanya, dengan hutan lebat dan vegetasi yang kaya, menjadi tempat yang sempurna bagi gorila gunung untuk berkembang biak. Bukan hanya satu atau dua, Bwindi adalah rumah bagi lebih dari setengah populasi mamalia paling menakjubkan di dunia. Itu jadi salah satu alasan kuat yang membuatnya layak mendapat tempat di daftar UNESCO. 

4. Gunung Fuji, Jepang 

Gunung Fuji begjtu terkenal, sampai memjadi gunung yang paling mudah dikenali di planet ini. Kerucut ikonik yang menjulang di atas Fujinoyima tidak dapat disangkal lagi sangat indah.

Butuh waktu hingga 2013 dan sidang ke-37 UNESCO untuk menambahkan Gunung Fuji, dengan makna spiritual dan warisan artistiknya, ke dalam daftar, tetapi hanya sedikit tempat yang sama menakjubkannya dengan tempat paling terkenal di Jepang ini.

Banyak gunung besar di dunia yang merupakan raksasa yang megah, tetapi Gunung Fuji yang setinggi 12.388 kaki mempertahankan keanggunannya.

5. Kota Jaipur, India

Dari hijau subur hingga merah muda yang cerah dan hutan yang tidak dapat ditembus hingga kekacauan kota modern yang terkenal, Kota Jaipur di India dikenal di seluruh dunia sebagai 'Kota Merah Muda', Jaipur, terinspirasi dari bentuk flamingo yang terkenal pada akhir abad ke-19 ketika Maharaja Ram Singh membuat keputusan untuk mengecat semua bangunan menjadi merah muda.

Hingga lebih dari 150 tahun kemudian, campuran menarik dari bangunan berwarna salmon pudar dan merah muda neon tetap ada.

6. Danau Nakuru, Kenya

Hampir sama dengan Jaipur yang pakai tema warna pink flamingo, Danau Nakuru di Kenya juga ounya warna yang sama. Bedanya, danau ini benar-benar jadi tempat tinggal dan menarik jutaan burung flamingo setiap tahunnya, menjadikannya pemandangan yang luar biasa.

Danau ini terletak di Lembah Rift yang terkenal dan tidak dapat disangkal keindahannya, tetapi kedatangan burung-burung berwarna merah muda itu juga mengubah pemandangan yang indah menjadi lebih menakjubkan.

7. Taman Pegunungan Rocky Kanada, Kanada

Pegunungan Banff dan Jasper sering kali berada di puncak daftar tujuan wisata utama di Kanada, tetapi taman-taman terkenal itu hanyalah puncak dari pegunungan es yang luar biasa.

Tujuh taman pegunungan tersebut dijadikan satu Situs Warisan Dunia gabungan pada 1984, meliputi empat taman nasional (Yoho, Kootenay, Banff, dan Jasper) dan tiga taman provinsi di British Columbia (Gunung Robson, Hamber, dan Gunung Assiniboine). 

8. Samarkand, Uzbekistan

Ditetapkan sebagai situs UNESCO pada 2001, lokasi kota yang terkenal sebagai titik pertemuan berbagai budaya dan peradaban telah memastikannya. Kota ini begitu menarik dengan warna biru berkilau yang ditemukan di setiap sudutnya.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro