Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta, Rabu (13/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Entertainment

Apa Itu Jam Koma? Istilah Gen Z yang Viral di TikTok

Restu Wahyuning Asih
Senin, 21 Oktober 2024 - 18:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - TikTok lagi-lagi menunjukkan adanya tren baru yang ditujukan untuk Generasi Z atau Gen Z.

Tren baru tersebut ditandai dengan munculnya video-video baru yang menyematkan istilah "Jam Koma". Kata tersebut ramai digunakan Gen Z untuk menunjukkan keadaan mereka.

Jam koma memiliki arti kehilangan kesadaran, atau sedang dalam keadaan yang tidak fokus. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan bahwa tubuh dan otak sedang tidak sinkron.

Adapun secara harfiahnya, jam koma tidak memiliki arti. Namun istilah ini menandakkan kondisi seseorang secara spesifik.

Jam koma menunjukkan bahwa seseorang sedang berada dalam keadaan yang tidak 100% fit. Dari video yang beredar, seseorang dengan jam koma biasanya ditandai dengan kondisi tubuh yang lelah namun harus tetap terus beraktivitas.

Akibatnya, seseorang jadi kehilangan fokus dan membuat keadaan menjadi lucu. Contoh jam koma yakni kesalahan berbicara, kesalahan mengetik, dan kesalahan saat melakukan suatu pekerjaan.

Kemudian salah satu ciri jam koma yang dialami oleh Gen Z yakni pandangan kosong saat melakukan suatu kegiataan.

Contoh Jam Koma

Contoh jam koma yang bisa dialami oleh Gen Z yakni misalnya memesan ojek online (ojol). Namun alih-alih menaiki ojol, seseorang tersebut malah berjalan kaki.

Kemudian contoh lain dari jam koma yakni saat diajak berbicara, seseorang tersebut malah tertawa. Padahal tidak ada hal yang lucu.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro