Ilustrasi kaki cantengan
Health

Ini Penyebab Kaki Cantengan dan Cara Mengatasinya

Redaksi
Minggu, 27 Oktober 2024 - 16:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kuku kaki cantengan menjadi suatu kondisi kuku yang sering dialami oleh banyak orang.

Cantengan merupakan suatu kondisi di mana kuku kaki tumbuh ke dalam kulit dan biasanya paling sering terjadi pada jempol kaki.

Dilansir dari my.clevelandclinic.org, kuku kaki cantengan bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya:

- Kuku kaki dipotong dengan tidak tepat, misalnya kuku kaki dipotong terlalu pendek atau membulat sehingga kuku kaki dapat tumbuh ke dalam kulit.
- Sepatu yang tidak pas
- Sudut kuku yang terkelupas
- Trauma pada jari kaki, misalnya terbentur atau terinjak

Tanda-tanda kuku kaki mengalami cantengan bisa dirasakan saat kuku terasa keras, bengkak, dan nyeri. Selain itu, kuku juga mengalami kemerahan dan pembengkakan di sudut kuku. Pada kondisi ini infeksi dapat segera terjadi dan terkadang muncul nanah di daerah jari kaki yang terinfeksi.

Merangkum dari American Academy of Orthopaedic Surgeons, kuku cantengan masih bisa diatasi dengan perawatan non bedah bila belum terinfeksi. Perawatan ini meliputi:
- Merendam kaki dalam air hangat 3 hingga 4 kali sehari.
- Menjaga kaki tetap kering.
- Gunakan sandal hingga kondisi jari kaki membaik.

Bila dalam waktu 2 sampai 3 hari tidak ada perubahan dan mulai muncul nanah pada jari kaki, segeralah untuk pergi menemui dokter dan konsultasi terkait kondisi yang ada.

Biasanya dokter akan melakukan perawatan bedah, di mana pembedahan bisa dilakukan pada sebagian kuku, pada bagian dasar kuku, pada beberapa jaringan lunak yang berdekatan, dan bahkan sebagian dari pusat pertumbuhan kuku. Bedah ini dilakukan karena efektif dalam menghilangkan tepi kuku yang tumbuh ke dalam dengan memotong lipatan daging.

Pencegahan

Perawatan kuku kaki cantengan mungkin akan terasa sakit. Oleh sebab itu, usahakanlah untuk merawat kuku kaki agar dapat mencegah terjadinya cantengan. Berikut beberapa cara untuk mencegah cantengan:
- Lindungi kaki dari trauma (terpentok, terinjak, tersandung)
- Kenakan sepatu dan kaus kaki yang memiliki cukup ruang untuk jari-jari kaki
- Potong kuku kaki secara lurus dengan pemotong kuku kaki yang bersih dan tajam. Hindari potongan kaki yang membulatkan sudutnya.
- Potong kuku kaki tidak lebih pendek dari tepi jari kaki.
- Jaga kaki tetap bersih dan kering setiap saat (kecuali saat mandi atau melakukan aktivitas di air). (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro