Ikan salmon/theoterbigo.ca
Health

SULIT PUNYA ANAK: 5 Makanan Bantu Cepat Hamil

Nancy Junita
Sabtu, 13 Desember 2014 - 08:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Pasangan suami-istri yang belum dikaruniai anak bisa melakukan berbagai cara untuk mendapatkan keturunan (anak). Misalnya, dengan berkonsultasi ke dokter, sehingga diketahui akar persoalan yang membikin sulit punya anak.

SIMAK: SULIT PUNYA ANAK: 7 Tanaman Tingkatkan Kesuburan Pria & Wanita

Selain pengobatan secara medis, ada juga pilihan untuk meningkatkan kesuburan (fertilitas) secara alami dengan memanfaatkan berbagai tanaman yang ada di sekitar kita. Memang, secara teknologi medis, cara lain yang bisa dilakukan mengatasi sulitnya memiliki anak adalah dengan bayi tabung (IVF).

Di samping kemajuan teknologi kedokteran itu, makanan yang dikonsumsi pun berperan dalam kesuburan. Berikut makanan yang bisa meningkatkan kesuburan (mengatasi kemandulan):

1.Diet sehat dan penuh warna

Diet sehat dan penuh warna yang dimaksud adalah mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Pasalnya, agar terjadi pembuahan, maka tubuh pria dan wanita haruslah sehat dan fit. Oleh karena itu, hendaknya memperhatikan piramida makanan (diet seimbang), yang di dalamnya juga mencakup berbagai warna sayur dan buah.

Bayam, paprika hijau, timun adalah sayur dan buah hijau yang disarankan. Kemudian, dari sisi warna merah ada stroberi, paprika merah, apel. Untuk warna kuning, ada jeruk, nanas, lemon, dan untuk warna biru Anda bisa mengonsumsi blueberry.

2.Biji-bijian

Hasil studi delapan tahun yang dilakukan pada sekitar 18.000 wanita membuktikan bahwa makanan yang kaya biji-bijian, lemak sehat, protein, meningkatkan kesuburan pada wanita,seperti gandum, beras, tepung jagung dalam makanan sehari-hari.

3.Asam lemak omega 3

Banyak ikan merupakan sumber yang kaya asam lemak omega 3, yang dikenal untuk meningkatkan kesuburan. Namun, untuk mencegah paparan bahan kimia merkuri dalam ikan, dianjurkan untuk makan ikan seperti lele, salmon. Ikan ini memiliki sedikit atau tidak ada merkuri.

Kenari, biji rami dan biji-bijian juga sumber yang baik. Suplemen seperti minyak ikan yang mengandung campuran omega 3, omega 6 dan omega 9 lemak juga bermanfaat.

4.Zat Besi

Beberapa penelitian telah menunjukkan efek menguntungkan dari zat besi dalam meningkatkan kesuburan. Daging, sereal, kacang, dan asparagus merupakan sumber zat besi yang baik.

5.Minuman tanpa kafein / alkohol

Ketika mencoba untuk hamil, seseorang harus membatasi jumlah teh, kopi atau bahkan alkohol. Penelitian telah membuktikan bahwa terlalu banyak minuman ini bisa merusak kesuburan.

Para peneliti dari Swedia telah membuktikan bahwa perempuan yang minum dua minuman beralkohol dalam sehari, bisa mengurangi kesuburan mereka hampir 60%. Teh hijau tanpa kafein adalah pilihan yang baik. Saat hamil pun hilangkan alkohol untuk menghindari bayi cacat lahir. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

SULIT PUNYA ANAK: Ini Faktor yang Pengaruhi Kesuburan

SULIT PUNYA ANAK: 5 Faktor Ini Penyebabnya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Medindia.net
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro