Evening Primrose (Oenothera biennis)/theperiodvitamin.com
Health

SULIT PUNYA ANAK: 7 Tanaman Tingkatkan Kesuburan Pria & Wanita

Nancy Junita
Sabtu, 13 Desember 2014 - 07:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Seorang anak adalah anugerah dari Tuhan untuk suatu keluarga. Memiliki anak menjadi harapan bagi pasangan suami-istri. Namun, tak semua pasangan suami-istri dikaruniai anak dalam tempo cepat.

SIMAK: SULIT PUNYA ANAK: Ini Faktor yang Pengaruhi Kesuburan

Bagi wanita, persoalan ini bisa memicu kekecewaan dan depresi. Khususnya, bagi mereka yang merindukan anak. Dari sisi wanita, kesuburan (fertilitas) adalah kemampuan memiliki anak secara biologis. Bila pasangan suami-istri telah berupaya memiliki anak, misalnya tak menggunakan kondom saat berhubungan intim selama enam bulan, maka ada baiknya berkonsultasi ke dokter.

Selain ke dokter, ada juga tanaman obat yang dipercaya secara alami membantu seorang wanita bisa hamil. Bagian tanaman yang bermanfaat ini bisa berupa batang, akar, daun, dan bunga. Ada pula yang telah dikemas dalam bentuk pil.

Berikut bahan alami yang mampu meningkatkan kesuburan (membantu wanita bisa hamil):

Lady’s Mantle (Alchemilla vulgaris)

Tanaman ini bermanfaat mengatasi ketidakseimbangan hormon pada wanita. Manfaat tanaman ini tak hanya untuk mengatasi kemandulan atau infetilitas, tapi juga mengatasi masalah pada serviks, uterus (rahim), ganggan menstruasi, dan memperkuat dinding rahim.

Juga, membantu mengatasi infeksi dan rasa sakit pada organ reproduksi wanita karena kandungan tannin di dalamnya, sehingga berfungsi sebagai antiradang dan flavonoid secara alami.

Black cohosh (Cimicifuga racemosa)

Tanaman ini direkomendasi untuk membantu kesuburan wanita, dan sebaiknya tak digunakaan saat wanita menggunakan pil kontrasepsi.

Yarrow (Achillea millefolium)

Tanaman ini dikenal untuk menyembuhkan siklus haid yang tidak normal dan kram dengan melebarkan kapiler organ reproduksi dan mengencangkan dinding rahim sehingga meningkatkan suplai darah. Juga, dikenal untuk mengobati infeksi vagina dan urinal karena sifat antiseptik.

Sheperd' Purse (Capsella bursa-pastoris)

Tanaman ini dikenal untuk meningkatkan peluang untuk hamil dengan mengencangkan dan memperkuat dinding rahim, juga mencegah pendarahan rahim. Tumbuhan ini bersifat hemostatik, yang membantu mengobati menstruasi yang berlebihan.

Akar Licorice (Glycyrrhiza glabra)

Tanaman ini membantu menjaga keseimbangan hormon yang tepat dan juga dikenal melawan efek berbahaya dari xenoestrogens.

Minyak Evening Primrose (Oenothera biennis)

Tanaman ini disarankan digunakan sampai ovulasi pada wanita yang sedang berusaha untuk hamil. Ini membantu agar telur dibuahi dengan menciptakan suasana yang kondusif dan memperkuat leher rahim. Selain itu, tanaman ini bermanfaat mengatasi sindrom pra-menstruasi (PMS), dan untuk kesehatan kulit.

Ashwagandha (Withania somnifera)

Tanaman ini dianggap sebagai tonik untuk seksual laki-laki, karena membantu menyembuhkan impotensi dan meningkatkan kesuburan. Disarankan bagi pria untuk mencampur bubuk tanaman ini dalam susu hangat dan minum satu atau dua cangkir per hari. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

SULIT PUNYA ANAK: 5 Faktor Ini Penyebabnya

Begini Cara Aerobik yang Tepat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Medindia.net
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro