Wanita perokok berisiko sulit mendapatkan keturunan/bbc.co.uk
Health

SULIT PUNYA ANAK: Ini Faktor yang Pengaruhi Kesuburan

Nancy Junita
Sabtu, 13 Desember 2014 - 06:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Ada pasangan suami-istri yang menanti hingga bertahun-tahun baru memiliki anak. Sebaliknya, ada pasangan yang hitungan satu tahun memiliki anak. Belum atau lama menanti memiliki anak bisa jadi disebabkan ada persoalan pada suami atau istri, atau keduanya memiliki masalah dengan kesuburan (fertilitas).

SIMAK: SULIT PUNYA ANAK: 5 Faktor Ini Penyebabnya

Bagi wanita, persoalan ini bisa memicu kekecewaan dan depresi. Khususnya, bagi mereka yang merindukan anak. Banyak faktor kesehatan yang bisa memengaruhi kemampuan wanita berovulasi, atau hamil dalam penuh waktu (9 bulan), seperti berikut ini:

1.Usia

Usia berperan penting pada kesuburan seorang wanita. Sejak jam biologis wanita berdetak, menunda kehamilan bisa mengurangi kemungkinan untuk hamil.

2.Kebugaran fisik

Kondisi kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan dapat memengaruhi siklus reproduksi wanita. Ini adalah fakta, jika lemak tubuh 10 sampai 15 persen di atas normal, bisa membebani tubuh dengan estrogen dan sisi yang jika 10 sampai 15 persen di bawah normal, maka secara drastis dapat memengaruhi siklus reproduksi.

3.Siklus haid tidak teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur seperti pendek, panjang, atau dalam kondisi periode berat, yaitu karena ketidakseimbangan hormonal dapat mempengaruhi ovulasi, dan pada akhirnya memengaruhi kesuburan.

4.Obat

Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antibiotik, obat penghilang rasa sakit, dan lain-lain, yang digunakan dalam pengobatan gangguan kronis dapat memengaruhi kesuburan. Namun, ini dianggap sementara.

5.Merokok

Merokok dan konsumsi minuman beralkohol pada ldapat meningkatkan kemungkinan infertilitas pada wanita. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Begini Cara Aerobik yang Tepat

10 Manfaat Aerobik untuk Kesehatan





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Medindia.net
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro