Kopi hijau/Istimewa
Health

Dampak Kopi pada Anak bila Dikonsumsi Berlebihan

JIBI
Rabu, 9 November 2016 - 14:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kafein pada kopi jika dikonsumsi berlebihan akan memberikan dampak buruk pada kesehatan orang dewasa terlebih jika dikonsumsi anak-anak. Pada anak, tak hanya kesehatan yang bermasalah namun juga perilakunya.

Kopi memang memberikan efek tenang seusai meminumnya. Rasa kopi yang nikmat membuat siapa saja menyukainya. Berikut ini dampak kafein pada kopi bila dikonsumsi oleh anak secara berlebihan:

1. Menurunkan nafsu makan
Anak-anak yang terlalu sering minum kopi tidak mendapatkan cukup nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Terlebih, jika seorang anak justru mengabaikan minuman lain yang lebih sehat, seperti air putih, susu atau jus buah. Tidak hanya itu, kandungan kafein dalam kopi bisa menurunkan nafsu makan anak. Dalam kondisi ini, seorang akan rentan mengalami masalah gizi.

2. Sakit kepala
Kebanyakan minum kopi dapat mengakibatkan sakit kepala karena efek stimulan otak.

3. Sulit tidur
Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membuat seseorang terjaga dan waspada, sehingga mengganggu pola tidur. Sebaiknya tidak minum kopi ketika hendak tidur, karena akan membuatnya terjaga sepanjang malam.

4. Denyut jantung lebih cepat
Kopi mengandung kafein yang berfungsi menggairahkan saraf, sehingga terjadi tekanan pada jantung. Seringkali ketika minum kopi, jantung menjadi berdebar-debar. Kondisi ini bisa berbahaya, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat menderita penyakit gangguan jantung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro