Wanita perlu mempersiapkan diri menghadapi menopause/Istimewa
Health

Dua Hal Perlu Disiapkan Wanita untuk Memasuki Menopause

Nindya Aldila
Rabu, 6 Desember 2017 - 06:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Menopause adalah proses fisiologi  yang akan dilalui oleh semua wanita. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda yang akan memasuki usia menopause mulai mempersiapkan menopause agar lebih positif.

Spesialis obstetri dan ginekologi Bamed Healthcare, Ni Komang Yeni Dhanasari mengatakan biasanya menopause terjadi pada wanita berumur di atas 48 – 52 tahun. Setiap wanita perlu menyiapkan masa menopause mulai 5 tahun sebelumnya.

Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa menopause. Pertama, terapi hormon. Kedua, adalah terapi nonhormon. Terapi hormon yang dimaksud adalah dengan menambah hormon estrogen dan progesteron karena pada saat menopause, dua hormon tersebut biasanya akan terganggu.

Ditinjau dari manfaat keduanya, estrogen berfungsi sebagai pengontrol sistem reproduksi dan berpengaruh terhadap tulang, pembuluh darah, jantung dan otak. Sementara progesteron berfungsi sebagai pencegah kanker rahim.

“Namun, tidak semua orang boleh menerima terapi hormon. Pada kasus seperti tumor, orang yang menerima terapi hormonal justru akan mengaktifkan tumor semakin tinggi,” kata Yeni.

Untuk itu, bagi Anda yang masih ragu dengan terapi hormon ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan terkait nonhormonal therapy untuk mempersiapkan proses menopause Anda agar lebih positif.

“Terapi yang paling mendasar adalah mendorong diri Anda untuk bisa memiliki sikap yang positif. Perempuan harus menerima, bukan menyalahkan orang lain. Kita harus jelaskan bahwa menopause adalah proses fisiologi yang wajar,” papar Yeni.

Selain itu, nutrisi yang baik harus dipersiapkan sejak awal, yakni mulai dari sebelum, saat, dan setelah melahirkan, begitu juga saat menjalani masa menopause. Mulailah kurangi makanan yang mengandung garam atau gula berlebih.

Cobalah mandi sinar matahari. Defisiensi vitamin D akan menyebabkan proses penuaan lebih cepat, maka sediakan waktu setengah jam untuk sekedar berjalan atau sambil melakukan aktivitas olahraga pada pagi hari untuk mandi sinar matahari pagi, sekitar pukul 07.30 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro