Fashion

KHASIAT TELUR: Peneliti IPB Temukan Manfaat Lain

Administrator
Kamis, 3 Januari 2013 - 21:21
Bagikan

BOGOR-Telur tidak hanya sumber protein yang penting bagi manusia, namun juga bermanfaat sebagai pabrik biologis yang berkhasiat sebagai obat.

Peneliti Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof.Dr.drh.Retno D.Soejodono berhasil menemukan manfaat lain dari telur.

“Sejak tahun 2008, kami meneliti telur sebagai pabrik biologis yang bisa memproduksi immunoglobulin Y (Ig-Y) di dalam kuning telur dan mempunyai khasiat anti terhadap berbagai penyakit,” kata Retno dalam siaran pers IPB.

Dia menyebutkan beberapa khasiat tersebut diantaranya Ig-Y anti flu burung, Ig-Y anti karies gigi, Ig-Y anti white spot syndrome pada udang, Ig-Y tetanus, Ig-Y anti diare.

Penggunaan telur sebagai pabrik biologis sangat sejalan dengan isu animal welfare, karena produksi bahan biologis itu hampir tidak menyakiti hewan. Dalam produksi bahan biologis telur dapat menggantikan hewan. Misalnya, dalam produksi anti tetatus serum (ATS), hingga saat ini masih menggunakan serum kuda.

Untuk memproduksi ATS kuda harus disuntik berkali-kali dengan toksoid tetanus dan pada saat panen serum juga dilakukan berulang-ulang. “Tidak jarang ini menyebabkan kasus amiloidosis atau penggumpalan protein yang menyebabkan kuda menderita kesakitan”.

Retno menjelaskan telur ayam dapat dijadikan sebagai pabrik biologis yang bisa digunakan untuk memproduksi antibodi atau immunoglobulin Y (Ig Y). “Tidak hanya itu telur ini  dapat juga digunakan sebagai imunoterapi(Imunisasi masif)”.

Retno melakukan ujicoba pada telur, didasari karena telur ayam memegang peranan penting dan strategis dalam menopang kesehatan masyarakat karena merupakan sumber protein hewani yang sangat tinggi, murah, mudah disimpan dan diolah serta terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.

Hasil karya ciptanya saat ini dalam proses tahap dipatenkan. Retno berharap karyanya dapat segera diaplikasikan pada kalangan industri, bahkan usaha ternak skala kecil.(yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Administrator
Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro