Travel

E-COMMERCE: Panorama Grup luncurkan bookpanorama.com

News Writer
Selasa, 19 Februari 2013 - 14:48
Bagikan

JAKARTA--Panorama Grup bekerja sama dengan Booking.com mempekuat pasar e-commerce perjalanan Indonesia melalui situs pemesanan hotel online bookpanorama.com.

 

Bookpanorama.com merupakan situs e-commerce perjalanan ketiga Panorama Grup setelah rajakamar.com dan travelicious.co.id. Melalui bookpanorama.com, pemesan dapat memesan hotel dan melakukan pembayaran setelah keluar dari hotel, sementara pada situs e-commerce lainnya pemesan biasanya langusng dikenakan biaya saat memesan kamar.

 

CEO Panorama Grup Budi Tirtawisata mengatakan e-commerce perjalanan merupakan industri yang memiliki peluang besar. Untuk industri pariwisata dan perjalanan, berdasarkan data World Tourism Organization (UNWTO), rata-rata pertumbuhan industri pariwisata dunia mencapai 2,7% per tahun. Di Asia Tenggara, industri ini tumbuh sekitar 7% hingga 9% per tahun, dan Indonesia memiliki pertumbuhan pariwisata 7% per tahun.

 

Sementara itu, untuk industri e-commerce, Budi menyebutkan pada 2011, nilai transaksi e-commerce Indonesia mencapai US$0,9 miliar dan diperkirakan pada 2015 tumbuh 10 kali lipat menjadi US$10 miliar.

 

Lebih lanjut Budi menyebutkan, potensi konsumen yang dibidik Bookpanorama.com adalah kelas menengah Indonesia yang memiliki pertumbuhan signifikan. Berdasarkan data World Bank pada tahun lalu Indonesia memiliki 45 juta masyarakat kelas menengah dan diprediksi mencapai 135 juta pada 2030. Budi menyebutkan masyarakat kelas menengah inilah yang memiliki gaya hidup dan kebutuhan bepergian.

 

Adapun pada tahun lalu, jumlah pemesanan hotel di Indonesia mencapai 87 juta. Dari jumlah tersebut, 6,5% di antaranya atau 3,6 juta pemesanan dilakukan secara online. Budi memproyeksikan 5 tahun ke depan, jumlah pemesanan hotel online mencapai 26 juta.

 

"Ini merupakan salah satu antisipasi dari Panorama untuk e-commerce. Kami melihat adanya potensi besar pertumbuhan transaksi dan permintaan konsumen terhadap paket tur, tiket, dan hotel. E-commerce merupakan saluran distribusi kunci untuk menjembatani kebutuhan konsumen dan penjual," kata Budi saat peluncuran Bookpanorama.com, Selasa (19/2).

 

Bookpanorama.com akan memanfaatkan prtofolio Booking.com yang tersebar di 275.000 hotel di 180 negara di seluruh dunia. Adapun selain menawarkan konsep bayar setelah menggunakan jasa hotel, Bookpanorama.com juga menawarkan beberapa layanan lainnya yakni pemesan dapat leluasa mengganti tanggal pemesanan tanpa dikenakan biaya tambahan, serta diskon dan point reward.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Writer
Editor : Others
Sumber : Febriany D.A. Putri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro