Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IPERI: Makanan Berserat Pembersih Alamiah Gigi

KUNINGAN - Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (Iperi) Komisariat Jakarta Drg Hari Sunarto Sp Perio (K) mengatakan makanan kaya serat dapat menjadi pembersih alamiah permukaan gigi."Makanan berserat seperti buah apel, sayur-sayuran, itu dapat menjadi
Fajar Sidik
Fajar Sidik - Bisnis.com 21 Februari 2013  |  05:02 WIB
IPERI: Makanan Berserat Pembersih Alamiah Gigi
Bagikan

KUNINGAN - Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (Iperi) Komisariat Jakarta Drg Hari Sunarto Sp Perio (K) mengatakan makanan kaya serat dapat menjadi pembersih alamiah permukaan gigi.

"Makanan berserat seperti buah apel, sayur-sayuran, itu dapat menjadi `self cleansing` atau pembersih alamiah bagi plak gigi atau lapisan yang menempel dipermukaan gigi, karena secara tidak langsung makanan itu dapat menggosok bagian permukaan gigi," ujar Hari di sela-sela rangkaian acara Pepsodent Journalist Outing 2013 Kuningan-Cirebon, di Kuningan, Rabu (20/1) malam.

Dia mengatakan berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, ada kecenderungan masyarakat di pedesaan yang kerap mengkonsumsi makanan berserat cenderung lebih rendah potensi mengalami karies atau kerusakan pada permukaan gigi.

"Sebaliknya masyarakat perkotaan yang banyak mengkonsumsi makanan cepat saji, cenderung lebih mudah mengalami karies," kata dia.

Dia mengatakan karies merupakan penyebab utama sakit gigi di Indonesia. Hal ini salah satunya disebabkan beragam sebab antara lain kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia mengenai kesehatan gigi serta belum benarnya pola menggosok gigi masyarakat.

Dia mengimbau masyarakat untuk selalu merawat gigi dengan baik dan benar, sebab perawatan akan jauh lebih mudah dan murah biayanya dibandingkan jika gigi sudah butuh pengobatan.

Di sisi lain dia menyayangkan masih adanya persepsi masyarakat Indonesia yang mengira sakit gigi baru terjadi apabila kondisi gigi sudah sakit hingga berdenyut-denyut. Padahal kata dia, sakit gigi diawali dengan penumpukan bakteri yang dibiarkan sehingga menimbulkan pembusukan.

"Kalau sudah berdenyut-denyut itu artinya gigi sudah bolong parah hingga menyentuh saraf gigi dan itu berbahaya," ujar dia. (Antara/fsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi makanan berserat pembersih gigi

Sumber : Newswire

Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top