Show

DreamWorks akuisisi boneka Troll

Irvin Avriano Arief
Jumat, 12 April 2013 - 17:05
Bagikan

BISNIS.COM, LOS ANGELES--DreamWorks Animation SKG Inc, studio film independen yang didirikan sutradara terkenal Hollywood Steven Spielberg, mengakuisisi hak atas boneka Troll dari keluarga Dam asal Denmark. Akuisisi itu sekaligus menambah panjang karakter rekaan yang sudah dimiliki studio film tersebut.

DreamWorks Animation juga menunjuk seorang pengembang merek Shawn Dennis untuk menelaah properti yang baru dibeli tersebut, kutip Bloomberg.

Jeffrey Katzenberg, CEO studio yang berkantor pusat di Glendale-California itu, mengatakan akuisisi tersebut juga termasuk hak untuk mengangkat karakter karakter boneka berambut jabrik itu ke buku cerita maupun film, TV, dan penjualan barang.

“Trolls adalah merek dengan 50 tahun sejarahnya dan warisan yang mendalam. Kami sangat bergembira dapat membawa ikon dan properti multi generasi ini ke DreamWorks Animation,” ujar Ann Daly, COO DreamWorks Animation dalam sebuah rilis, kutip Bloomberg hari ini (12/4/2013).

Troll adalah karakter anak kecil yang mirip dengan penggambaran makhluk supranatural dari mitologi Jerman Utara dan cerita rakyat Skandinavia bernama troll. Boneka karakter itu memiliki rambut lebat dan kaku sehingga dapat dibentuk sendiri oleh penggunanya dengan bentuk paling umum yang dapat ditemui dari karakter itu adalah boneka plastik dengan beragam kostum dan warna rambut mencolok.

Diciptakan pada 1959

Karakter tersebut diciptakan sejak 1959 oleh seorang penebang kayu asal Denmark yaitu Thomas Dam dan akhirnya dikreasikan hingga namanya melejit pada medio 1963—1990 di Eropa dan AS. Penurunan gengsi boneka yang awalnya dibuat dari wol domba tersebut berusaha dicegah dengan dipegangnya lisensi karakter oleh DIC Entertainment.

Pada 2005, DIC Enterainment memodernisasi karakter Troll melalui film animasi Trollz, tetapi gagal mendongkrak angka penjualan dan justru membuat keluarga Dam menuntut rumah produksi itu pada 2007. Tuntatan itu didasari tuduhan kesalahan representasikan modernisasi karakter dan menghancurkan karakter boneka tersebut.

Boneka yang juga biasa disebut boneka Dam tersebut awalnya akan dibikinkan film animasi oleh DreamWorks, yang diumumkan pada September tahun lalu dan saat ini sudah dalam proses persiapan karena telah dimulai jauh sebelum pengumuman akuisisi.

Film yang rencananya akan berjudul Trolls itu akan dirilis pada 2015 dengan sutradara Anand Tucker dan didukung bintang remaja cantik Chloe Grace Moretz sebagai pengisi suara utama.

Tahun lalu, DreamWorks Animation juga telah membeli studio animasi Classic Media senilai US$155 juta sekaligus mendapatkan karakter TV hantu Casper the Friendly Ghost dan Where's Wally?.

Transaksi itu membuat DreamWorks Animation sebagai pemilik hal global untuk barang-barang penjualan Troll dengan pengecualian di negara-negara Skandinavia, lokasi perusahaan keluarga Dam yaitu Dam Things melanjutkan kepemilikan hak untuk menjual dan mengembangkan karakter tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro