Fashion

Penyakit tidak menular, Penyebab Utama Kematian di Dunia

News Editor
Minggu, 25 Agustus 2013 - 06:46
Bagikan

DIABETES, hipertensi, jantung koroner, stroke. Sederet penyakit tak menular itu mudah dijumpai di tubuh orang Indonesia. Kelebihan asupan garam, gula, dan lemak jadi penyebabnya.

Kementerian Kesehatan bertindak dengan mengeluarkan aturan tentang pencantuman informasi gula, garam, dan lemak. Akankah efektif? Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyebab utama kematian secara global.

Data World Health Organization (WHO) menunjukkan dari 57 juta kematian di dunia pada 2008, sebanyak 36 juta atau hampir 2/3 disebabkan PTM. PTM juga membunuh penduduk berusia muda.

Di negara-negara yang tingkat ekonominya rendah dan menengah, 29% dari seluruh kematian yang terjadi pada orang-orang berusia kurang dari 60 tahun disebabkan oleh PTM. Adapun, di negara-negara maju cuma 13% kontribusinya.

Begitu data yang dikutip Kementerian Kesehatan. Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab terbesar, sebanyak 39% yang menyebabkan kematian PTM pada manusia berusia kurang dari 70 tahun.

Di belakangnya ada kanker yang menyumbang 27%. Diikuti penyakit pernafasan kronis, penyakit pencernaan, dan PTM lain, dengan kontribusi sekitar 30%. Sekitar 4% disebabkan oleh diabetes.

WHO memprediksi kematian akibat PTM terus meningkat di dunia. Peningkatan terbesar diprediksi terjadi di negara-negara menengah dan miskin. Lebih dari dua pertiga, atau 70%, dari populasi global akan meninggal akibat PTM macam kanker, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Pada 2030 diprediksi ada 52 juta jiwa meninggal dunia per tahun lantaran PTM. Angka ini naik 9 juta jiwa dari 38 juta jiwa pada 2008. Survei Kesehatan Rumah Tangga & Riset Kesehatan Dasar dari Kementerian Kesehatan menyatakan pada 2007 kematian akibat PTM mencapai 59,5%.

Rinciannya, 31,7% dari total kematian disebabkan hipertensi, 7,2% penyakit jantung, 4,3% kanker atau tumor, dan 1,1% diabetes melitus. PTM terjadi lantaran terlalu banyak mengonsumsi gula, garam, dan lemak.

Coba bayangkan berapa banyak gula yang Anda asup saat melahap sepotong donat coklat? 1,5 sendok makan gula! Lalu, Anda menghabiskan minuman soda satu gelas, berapa gula yang dikandungnya? 2,5 sendok makan gula!

 

Selengkapnya klik http://epaper.bisnis.com/index.php/ePreview?OldID=3#

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Bisnis Indonesia Minggu (25/8/2013)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro