Fashion

Kamus Mode: A-line Dress Sudah Dikenal Sejak 1955

Reni Efita
Sabtu, 5 Oktober 2013 - 09:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Masih dalam suana Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal  2 Oktober. Bahan batik kini  dirancang untuk  anak muda  dalam bentuk  aneka gaun (dress).

Banyak istilah mode yang  mungkin  sudah setiap hari  diperbincangkan, bahkan busananya juga sudah pakai. Kadang kala membeli busana, berdasarkan suka dengan modenya. Namun kadang kalau tidak tahu nama model dan siluetnya.

Berikut beberapa istilah dalam mode:

  1. Gaun (dress)  adalah sepotong pakaian yang mempunyai bagian badan atas (bodice) dan rok bawah (skirt) . Gaun bisa dirancang pas (fitted), setengah pas (semi-fitted) atau longgar (unfitted).
  2. Coctail dress adalah gaun pendek. Dikenakan pada pesta informal yang berlangsung sore hari.  Nama lain jenis gaun ini adalah Robes de style yang asal mulanya diperkenalkna oleh Lanvin sebelum Perang Dunia I.
  3. Helter neck, yaitu  gaun atau blus terbuka dengan tali yang diikatkan ke belakang leher, sehingga bahu dan punggung pemakai terbuka.
  4. Draped blouse adalah model blus dengan bagian leher dibiarkan lepas menggantung (draped) yang dihasilkan dengan teknik potong dari bahan menyerong (bias)
  5. Djellabah adalah mantel bertudung (hooded coat), aslinya dari Maroko dengan lengan baju panjang dan lebar. Busana ini dipakai melalui bukaan leher, panjang sampai batas lutut atau  sampai mata kaki.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro