Fashion

Jokowi Akan Hadir dalam Pencanangan Jakarta Bebas Osteoporosis

Rahmayulis Saleh
Selasa, 29 Oktober 2013 - 13:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Joko Widodo akan mencanangkan kembali Program Komitmen Jakarta Bebas Osteoporosis, pada Minggu, 3 November 2013 di Lapangan Monas.

Program Komitmen Jakarta Bebas Osteoporosis (JBO) ini, terdiri atas pelatihan kepada tenaga kesehatan dengan koordinasi bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan pemberdayaan kader PKK di DKI Jakarta.

Selain itu juga diselenggarakan Lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis DKI Jakarta. Program tersebut telah dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi pada puncak peringatan Hari Osteoporosis Nasional 2012.

Veronika Basuki T. Purnama, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, menuturkan osteoporosis merupakan silent disease yang mengancam perempuan, dan sebenarnya bisa dicegah.

"Kaum ibu memiliki peran sangat besar sebagai penggerak kesehatan keluarga. Karena itu kader-kader PKK yang dominan perempuan bergerak melakukan edukasi ke keluarga melalui ibu-ibu di lingkungan sekitar dari tingkat RT sampai kecamatan," katanya di Jakarta, Selasa (29/10/2013).

Dia mengatakan PKK menyambut baik kerja sama dengan Fonterra Brands Indonesia, yang mengadakan pelatihan pencegahan osteoporosis bagi 278 orang kader PKK di DKI Jakarta.

Pelatihan tersebut juga didukung oleh Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Porwatusi). "Pelatihan ini merupakan bagian dari Program Komitmen Jakarta Bebas Osteoporosis)," ungkapnya saat membuka kegiatan tersebut.

Veronika mengatakan osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan penurunan massa tulang. Tulang menjadi tipis, rapuh, dan mudah patah. Penyakit ini dapat menyebabkan tulang patah, dan menjadi penyebab fatal kelumpuhan dan kematian.

"Patah tulang pada osteoporosis dapat dicegah. Salah satunya melalui pemenihan asupan kalsium, dan melalukan aktivitas fisik sejak dini," ungkapnya.

Vienno Monintja, Marketing Director Fonterra Brands Indonesia, menambahkan untuk mendukung Program Jakarta Bebas Osteoporosis tersebut, pihaknya mengampanyekan kegiatan Generasi Bergerak-2 Minggu Untuk Indonesia Lebih Kuat.

Kegiatan itu dilaksanakan di Jakarta, Medan, Pekanbaru, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Acara ini berupa edukasi mengenai pencegahan osteoporosis, dengan menggerakkan masyarakat dan komunitas setempat.

"Di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya, Fonterra bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan PKK setempat, untuk mengadakan pelatihan," ujar Vienno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro