Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspadalah, Makan Tidak Teratur Sebabkan Diabetes. Kenali Gejalanya

Dokter spesialis penyakit dalam dan diabetes Universitas Sumatera Utara, dr Dharma Lindarto SpPD-KEMD mengatakan penyebab seseorang mengalami penyakit diebetes atau kencing manis karena pola makan tidak teratur dan gizi kurang seimbang.
Nurbaiti
Nurbaiti - Bisnis.com 10 November 2013  |  12:51 WIB
Waspadalah, Makan Tidak Teratur Sebabkan Diabetes. Kenali Gejalanya
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN –Dokter spesialis penyakit dalam dan diabetes Universitas Sumatera Utara, dr Dharma Lindarto SpPD-KEMD mengatakan penyebab seseorang mengalami penyakit diebetes atau kencing manis karena pola makan tidak teratur dan gizi kurang seimbang.

"Penyakit diabetes tersebut adalah suatu kondisi gangguan metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah atau "hiperglikemia," katanya seperti dikutip Antara, Minggu (10/11/2013).

Menurut Dharma, penyebab diabetes karena tubuh kekurangan insulin atau jumlah insulinnya cukup, tetapi tidak mampu bekerja dengan baik.

"Insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah, yang bekerja dengan cara merangsang sel-sel tubuh agar menyerap gula," ujarnya.

Selain itu, jelasnya, insulin juga berfungsi meningkatkan jumlah gula yang disimpan dalam hati, dan mencegah hati mengeluarkan terlalu banyak gula.

Dia menyebutkan ciri-ciri gejala diabetes itu, di antaranya mudah haus dan lapar, sering buang air kecil, berat badan berkurang tanpa sebab yang jelas, cepat lelah, dan mengantuk.

Gejala lain yang mungkin timbul, yakni mudah terkena infeksi, luka sulit sembuh, sering kesemutan terutama di kaki, sering timbul bisul, dan penglihatan kabur.

"Pemeriksaan gula darah secara mandiri merupakan usaha yang terpenting dalam pengendalian diabetes," kata Dharma.

Dia menambahkan untuk mencapai gula darah yang terkendali, lakukan pemeriksaan gula darah beberapa kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

"Yang terpenting juga, melakukan diet atau pola makan yang seimbang, olahraga, secara teratur dan disiplin dalam minum obat," kata Dharma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes hidup sehat kencing manis

Sumber : Newswire

Editor : Nurbaiti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top