Ilustrasi/Bisnis.com
Fashion

PENYAKIT TIDAK MENULAR: 29 Juta Kematian Terjadi di Negara Berpendapatan Rendah

Rahmayulis Saleh
Selasa, 6 Mei 2014 - 20:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ancaman penyakit tidak menular (PTM) seperti penyakit yang berhubungan dengan jantung, diabetes serta penyakit degeneratif kronis lainnya, semakin meningkat.

PTM menyebabkan 36 juta (60%) kematian di seluruh dunia. Namun, angka kasus tertinggi sebanyak  29 juta (80%) kematian terjadi di negara-negara dengan pendapatan rendah hingga menengah.

“Hal tersebut membuat PTM menjadi penyebab utama dari kemiskinan dan sumber masalah pembangunan,” kata Vincent S.K. Chan, General Manager Philips Healthcare Indonesia dalam diskusi yang diadakan Philips,  Selasa (6/5/14).

Dia menuturkan Asean Non-Communicable Disease (NCD) Network, telah mempelajari 12 studi kasus  di enam negara Asean. Hasilnya diterbitkan dalam bentuk White Paper berjudul Innovations in NCD Management (Inovasi Pengelolaan PTM), yang diluncurkan dalam forum diskusi ini.

Forum diskusi tersebut diikuti oleh  perwakilan dari pemerintahan, rumah sakit umum maupun swasta, asosiasi, masyarakat, serta akademisi. Acara ini dipandu oleh  Prof. Hasbullah Thabrany, Ketua Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Universitas Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro