Ilustrasi/Bisnis
Fashion

Ternyata VIRUS MERS Bisa Tidak Menular

Sepudin Zuhri
Selasa, 20 Mei 2014 - 01:31
Bagikan

Bisnis.com, CHICAGO - Seorang pria dari Illinois, AS yang telah dites positif untuk antibodi terhadap virus Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) dalam darahnya tidak lagi menular, pejabat kesehatan pemerintah mengatakan pada hari Senin (19/5/2014).

Kasus di Illinois adalah transmisi langsung pertama dari virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) di AS. Dua kasus sebelumnya awal bulan baik "diimpor" dari kasus MERS, dibawa ke Amerika Serikat oleh wisatawan terinfeksi dari Timur Tengah, episentrum wabah virus tersebut.

Secara terpisah, pejabat Florida mengatakan pasien kedua yang terinfeksi MERS kini telah keluar dari rumah sakit di Orlando.

Sejak pertama kali diidentifikasi pada 2012, MERS telah menginfeksi lebih dari 500 pasien di Arab Saudi. Ini membunuh sekitar 30% orang yang terinfeksi.
Virus ini menyebabkan demam, nyeri tubuh, batuk dan radang paru-paru kadang-kadang mematikan.

Bagaimana MERS ditularkan dari orang ke orang tidak dipahami dengan baik, tetapi kebanyakan kasus terjadi melalui kontak fisik yang erat dengan orang yang terinfeksi atau hewan, seperti unta, yang dianggap sebagai reservoir untuk virus.

Dalam kasus pria Illinois, pejabat kesehatan AS bergantung pada tes darah untuk tanda-tanda bahwa ia telah terinfeksi. Hasil tes menunjukkan sistem kekebalan tubuhnya telah berjuang dari infeksi MERS.

Pria, dengan gejala flu, memiliki dua pertemuan bisnis dengan pasien MERS pertama yang mencapai tanah AS sebelum ia mencari pengobatan di sebuah rumah sakit di Munster, Indiana.

Pria itu tidak menguji positif untuk infeksi aktif melalui tes sensitif sampel dari saluran pernapasannya.

Pejabat kesehatan Illinois mengatakan putaran kedua hasil tes dari sekaan mulut dan hidung menunjukkan pria Illinois "tidak menular," Dr LaMar Hasbrouck, Direktur Departemen Kesehatan Masyarakat Illinois, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Apakah artinya, meskipun warga terinfeksi pada satu waktu, jika dia bersin atau batuk, virus tidak dalam hidung atau mulut dan karena itu tidak dapat menyebar ke orang lain," kata Hasbrouck.

Para pejabat kesehatan akan terus menindaklanjuti dengan pria Illinois dan siapa pun dengan siapa ia memiliki hubungan dekat. Sejauh ini, anggota keluarga yang memiliki kontak dekat dengan penduduk Illinois telah diuji semua negatif , tapi akan terus dipantau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Reuters
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro