Merokok salah satu penyebab munculnya penyakit tidak menular./Bisnis.com
Fashion

Penyakit Tak Menular Renggut 14 Juta Nyawa Tiap Tahun

Rahmayulis Saleh
Senin, 7 Juli 2014 - 06:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Waspadai penyakit tidak menular (PTM) yang muncul antara lain akibat faktor merokok, diet yang tidak sehat, dan kurang aktifitas fisik.

Prof. Tjandra Yoga Aditama, Kepala Balitbangkes Kementerian Kesehatan, mengatakan hasil penelitian menunjukkan lebih dari 14 juta orang berusia 30-70 tahun meninggal setiap tahunnya di dunia akibat PTM. Sekitar 85% di antaranya berada di negara berkembang.

"Sekitar 66% dari mereka yang meninggal akibat PTM adalah karena adanya faktor risiko yaitu merokok, diet yang tidak sehat, dan kurang aktivitas fisik," kataTjandra dalam surat elektronik, Senin (7/7/2014).

Dia menuturkan pada 2010 hanya ada 30% negara yang sudah melakukan riset tentang faktor risiko PTM di negerinya. Angka ini meningkat menjadi 63% pada 2013.

Indonesia, lanjutnya, sudah melakukan riset faktor risiko PTM ini pada Riset Kesehatan Dasar, dan riset-riset lain yang dikerjakan Balitbangkes Kemenkes.

Seperti disebutkan oleh  Direktur Jenderal WHO Margaret Chan, kata Tjandra, bahwa globalisasi pola hidup tidak sehat bukanlah hanya isu kesehatan masyarakat, tapi juga isu perdagangan dan bahkan politik.

Tjandra menambahkan pada 2010, baru ada 65% negara yang punya kebijakan terintegrasi tentang PTM. Angka itu terus meningkat menjadi 78% pada 2013, termasuk di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro