Tanaman black cohosh bermanfaat atasi gejala menopause/
Health

5 Cara Alami Atasi Gangguan Menopause

Nancy Junita
Rabu, 10 Desember 2014 - 07:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Menopause atau berhenti haid bukan berarti jeda atau ada sesuatu yang berhenti dalam hidup Anda. Menopause bisa dibikin sebagai sesuatu awal era baru bagi hidup Anda, bila bisa menyikapinya dengan baik.

Bila demikian, maka fase transisi dari reproduksi ke non-reproduksi di kehidupan Anda akan berjalan mulus. Situasi semacam “gatal, judes, berkeringat, mengantuk, kembung, pelupa, psiko” yang kerap dianggap mengganggu bisa diatasi dengan baik.

Berikut cara alami yang telah dicoba untuk mengatasi gejala menopause:

Black cohosh

Diikenal sebagai alternatif untuk terapi hormonal dalam pengobatan menopause (klimakterik), seperti gejala seperti hot flashes, gangguan mood, diaphoresis, palpitasi, dan kekeringan vagina.

Cimicifuga racemosa, Actea racemosa adalahnama ilmiah dari Black Cohosh. Tanaman ini ditemukan di wilayah timur dan tengah Amerika Serikat. Black cohosh bagi penduduk asli Amerika digunakan sebagai obat tradisional untuk menjaga kondisi kesehatan para wanita, seperti kram menstruasi dan hot flashes, artritis, nyeri otot, sakit tenggorokan, batuk dan gangguan pencernaan. Sari dari tanaman ini dapat digunakan sebagai penolak serangga dan dapat dijadikan salep bagi terkena gigitan ular.

Yoga

Relaksasi dan peregangan teknik yoga dapat membantu meringankan iritasi dan depresi disebabkan menopause. Bernapas dalam-dalam dan meditasi yang dipraktikkan selama yoga dikenal untuk menenangkan pikiran, dan bisa mengurangi kecemasan dan menopause hot flashes.

Ketika Anda merasa panas datang, mulai menghirup udara dalam-dalam melalui hidung sampai hitungan empat. Kemudian, menahan napas selama sekitar tujuh hitungan dan menghembuskan napas perlahan melalui mulut ke hitungan delapan. Ulangi prosedur ini dua kali lebih banyak.

Vitamin D

Tubuh Anda memproduksi vitamin D sebagai respons atas paparan sinar matahari. Dengan bertambahnya usia, wanita berisiko kehilangan kepadatan tulang lebih tinggi karena kemampuan menyerap vitamin D berkurang, yang penting untuk pembaharuan tulang yang sehat, pertumbuhan sel normal dan keseimbangan hormon. Oleh karena itu, mendapatkan banyak sinar matahari dan makan makanan yang kaya vitamin ini seperti sarden, salmon dan produk susu.

Wort St John

Diperoleh dari daun dan bunga dari tanaman berbunga liar yang disebut Hypericum perforatum. Tanaman ini bisa diseduh dalam teh atau diambil dalam bentuk pil atau cairan, bermanfaat membikin tidur berkualitas, rileks, mengurangi depresi dan kecemasan. Namun, St. John Wort mungkin bisa berinteraksi dengan obat lain, maka pemakaiannya harus benar-benar di bawah pengawasan medis.

Ginseng

Telah banyak digunakan untuk manfaat kesehatan terapeutik China, penduduk asli Amerika, dan Korea selama bertahun-tahun. Tanaman ini bermanfaat mengurangi kecemasan, kelelahan dan stres, yang banyak dialami selama menopause.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : medindia.net
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro