Ilustrasi perubahan mood wanita saat menopause/everudayhealth.com
Health

10 Makanan Yang Harus Dihindari Jelang Menopause

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 21 Januari 2015 - 09:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Ada makanan tertentu yang harus dihindari selama menopause. Pasalnya, menopause menyebabkan perubahan tertentu dalam tubuh seorang wanita dan tahap ini sulit diatasi dengan perubahan suasana hati, volatilitas dan emosional yang muncul.

Jika Anda ingin menangani perubahan-perubahan hormonal dalam cara yang aman, Anda harus mulai memperhatikan pola makan Anda segera setelah Anda mencapai tahap itu. Pastikan bahwa Anda merencanakan menopause diet Anda dan mencoba untuk melakukan beberapa jenis latihan setiap hari untuk menjaga tubuh Anda sehat selama fase kritis .

Jika Anda dapat menyertakan makanan segar dan alami seperti buah-buahan dan sayuran, Anda dapat mengatasi masalah sampai batas tertentu. Tetapi jika Anda membombardir sistem anda dengan makanan yang memperburuk gejala menopause, akan sangat sulit bagi Anda untuk menangani perubahan hormon di tahap itu .

Ketenangan pikiran Anda juga terletak dalam diet Anda. Sebuah diet yang baik juga dapat membuat Anda lebih tenang sedangkan diet yang buruk dapat membuat Anda menjadi liar terutama ketika Anda rentan. Karenanya Anda harus mulai menghindari makanan berikut. 

Daging berlemak

Umumnya , wanita cenderung menambah berat badan setelah mereka mencapai tahap menopause karena perubahan tertentu dalam metabolisme mereka . Inilah sebabnya mengapa dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 15 % lebih rendah daripada konsumsi rutin mereka sehingga berat badan selama menopause tetap di bawah kontrol .

Gula Pasir

Anda mungkin merasa lelah dan berat selama tahap awal menopause . Hal ini sangat penting untuk menjaga kadar gula darah di bawah kontrol dalam tahap itu . Menekan jumlah konsumsi gula Anda dan juga memastikan bahwa Anda menambahkan lebih banyak buah dan sayuran untuk diet Anda, bukan mengemil permen atau cookies

Sodium

Sodium umumnya meningkatkan tekanan darah Anda . Tinggal jauh dari makanan asin dan mengurangi penggunaan garam dalam masakan Anda juga.

Karbohidrat olahan Pastikan bahwa Anda mengkonsumsi biji-bijian .

Karbohidrat olahan membuat Anda merasa murung Jauhi roti putih , pasta dan nasi .

Kafein

Asupan kafein akan membuat Anda merasa lelah dan murung . Juga , pola tidur Anda akan terpengaruh . Jika Anda mengkonsumsi kopi pada paruh kedua hari , tidur Anda mungkin mendapatkan terpengaruh pada malam hari . Anda mungkin merasa gelisah.

Alkohol

Masalah dengan alkohol adalah bahwa hal itu menambah kalori Anda dan membuat Anda menambah berat badan dan di sisi lain , memperburuk perubahan suasana hati dan perasaan lelah

Makanan pedas

Makanan pedas umumnya perubahan lingkungan internal Anda . Mereka membuat Anda merasa nyaman terutama ketika tubuh Anda sedang mengalami perubahan yang terkait dengan menopause . Anda mungkin keringat dan suhu tubuh Anda mungkin meningkat karena konsumsi berlebihan makanan tersebut.

Makanan panas

Lebih baik untuk menjauh dari makanan panas . Pastikan bahwa Anda makan salad dan makanan dingin bukannya menikmati makanan panas seperti sup dan sebagainya . Makanan tersebut dapat memperburuk gejala Anda .

Mengkonsumsi makanan tidak sehat

Lihat apakah makanan cepat saji favorit Anda ada di antara makanan untuk menghindari kenaikan berat badan selama menopause .

Hindari makanan yang memicu emosi Anda

Sederhananya , alkohol , gula dan kafein dapat memicu perubahan hormon tertentu dalam sistem tubuh Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro