Ilustrasi/Antara
Relationship

Jadi Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga? Begini Cara Mengatasinya

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 23 Januari 2015 - 14:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Banyak wanita menjadi korban kekerasan pria dalam hubungan percintaan atau pernikahan. Tak jarang juga bahkan meski dia menjadi korban, banyak orang yang menilai pihak perempuanlah yang salah dalam kasus tersebut.

Korban kekerasan ini termasuk kekerasan seksual, lisan dan juga kekerasan fisik. Pria yang kasar umumnya bisa memengaruhi dan mengendalikan pikiran perempuannya sehingga mereka sulit melepaskan diri. Pria semacam ini bisa bertindak manipulatif, kasarm dan tidak khawatir menyakiti Anda.

Bermula dari ancaman, hingga akhirnya beralih pada kekerasan fisik. Perempuan umumnya bertahan karena rasa cintanya, namun hal ini akan mengancam keselamatan dirinya. Sehingga dia harus ekstra hati-hati dan memutuskan mengakhiri hubungan tersebut secepatnya. Lantas bagaimana cara untuk keluar dari hubungan berbahaya ini? Berikut tips berdasarkan dari boldsky.com:

Memahami bahwa Anda sedang jadi korban kekerasan

Langkah pertama untuk mengubah sesuatu adalah memahami bahwa ada sesuatu yang salah dan perlu diubah . Keinginan untuk mengambil tindakan terhadap seseorang yang Anda cintai adalah membuat Anda takut bertimdak. Namun jika dia mencintaimu, dia tidak akan menyalahgunakan Anda dengan cara apapun.

Susun rencana untuk meninggalkannya

Jangan biarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda berpikir untuk meninggalkannya. Dia bisa menggunakan kekerasan. Cara terbaik untuk melarikan diri pasangan kasar Anda adalah untuk merencanakan jalan keluar dari hubungan. Simpan uang, menyiapkan tas berisi barang dan dokumen pentjng Anda.

Hindari komunikasi aktif dengannya

Rahasia lain bagaimana Anda dapat melarikan diri pasangan kasar adalah untuk menghindari konfrontasi . Pada saat ia menyadari perubahan dalam perilaku Anda, Anda harus mulai mengubahnya lagi. Cari Bantuan Anda harus memberitahukan hal itu kepada seseorang.

Beritahu keluarga Anda apa yang Anda alami.

Mereka akan senang untuk membantu.

Berbagi dengan teman

Jika Anda tinggal jauh dari keluarga Anda , Anda dapat melarikan diri dengan cara berhubungan dengan teman-teman Anda. Jelaskan ke teman Anda apa yang Anda akan melalui dan kebutuhan Anda untuk bergerak keluar.

Gabung dengan Pusat Pusat pemberdayaan hak perempuan

Jika Anda memang berpikir untuk melarikan diri darinya, ikut dalam kelompok-kelompok ini didukung oleh perempuan bukanlah ide yang buruk .

Blok dia dari media sosial Anda

Situs jejaring sosial memudahkan untuk menentukan lokasi seseorang . Itu cukup untuk gila mantan pasangan untuk menemukan jalan kembali kepada Anda. Jadi, ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memblokir dia di jaringan sosial.

Hubungi Polisi

Untuk situasi yang ekstrim, lebih baik untuk menyimpan nomor telepon petugas polisi, jika sewaktu-waktu Anda membutuhjan bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro