Health

Waspadai Tanda-tanda Katarak Berikut Ini

Fitri Rachmawati
Kamis, 5 Februari 2015 - 10:35
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Jika Anda merasakan gejala seperti penglihatan buram, berkabut hingga sampai tidak bisa melihat maka berhati-hatilah, karena hal tersebut merupakan gejala atau tanda awal Anda menderita penyakit katarak.

Dokter Spesialis Mata dari Klinik  Spesialis Mata SMECO Imsyah Satari mengatakan pada umumnya seorang penderita katarak biasanya merasakan penglihatan buram atau berkabut bahkan sampai tidak bisa melihat.

Selain itu, sering mengganti kacamata karena ukurannya selalu mudah berubah. Pada keadaan terang biasanya mata terasa silau, dan penglihatan akan semakin buram pada sore hari.

“Itulah gejala yang biasanya dirasakan oleh seseorang yang menderita katarak disadari atau tidak disadari oleh penderita,” tuturnya Kamis (05/01).

Dr Imsyah menjelaskan katarak merupakan kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan seseorang menjadi kabur, bahkan sampai tidak bisa melihat. Hal ini disebabkan cahaya yang masuk tidak dapat mencapai retina, akibat terhalang oleh lensa yang keruh.

Penyebab paling banyak dari penyakit katarak ini adalah proses lanjut usia atau degenerasi yang mengakibatkan lensa mata menjadi keras dan keruh.

Adapun penyebab penyakit katarak lainnya seperti trauma atau cedera mata, bawaan lahir, penyakit sistemik seperti diabetes, penggunaan obat tertentu dalam jangka waktu yang lama hingga terkena sinar matahari (ultraviolet) yang berlebihan.

“Untuk penanganan katarak biasanya menggunakan fakoemulsifikasi atau metode penanganan katarak dengan teknologi paling mutakhir saat ini,” katanya.

Keunggulan teknologi ini adalah proses yang sangat cepat bisa 7 sampai 10 menit saja tanpa disuntik, tanpa jahitan, tanpa perban dan tanpa perlu rawat inap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro