Ilustrasi/Bisnis.com
Health

Dokter Ini Menampik Pengobatan Alternatif Sembuhkan Kanker Payudara

Newswire
Kamis, 12 Maret 2015 - 09:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Pasien penderita kanker payudara harus menjalani operasi pengangkatan payudara jika tumor sudah berukuran lebih dari empat sentimeter, menurut dokter spesialis bedah onkologi, Walta Gautama.

“Tidak semua harus (kanker payudara) diatasi dengan operasi, jika ukuran tumornya sudah lebih dari empat sentimeter barulah dioperasi," ujarnya di Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Menurut dia, prosedur operasi dilakukan jika lokasi tumor dekat dengan puting dan terdapat lebih dari satu tumor ganas yang bersarang di payudara.

Selain itu, apabila prosedur radiasi tidak dapat dilakukan, maka jalan terakhirnya ialah operasi pengangkatan payudara. 

Walta menampik anggapan kalau pengobatan kanker dapat dilakukan tanpa operasi, misalnya dengan menggunakan pengobatan alternatif. Menurut dia, operasi pengangkatan payudara hingga kini masih menjadi terapi utama untuk mengobati pasien.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan pada perempuan di dunia dengan estimasi jumlah kasus baru sebesar 1,67 juta. Angka ini merupakan seperempat baru dari seluruh kasus kanker baru secara umum pada 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro