Ariana Miyamoto/anibeetv/yus
Show

MISS JEPANG 2015: Ariana Miyamoto Sudah Kebal dari Ejekan

Editor
Senin, 6 April 2015 - 07:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hidup sebagai orang yang multirasial dan tampak berbeda di negara yang homogenik, seperti Jepang atau China, tidaklah mudah. Hal inilah yang dirasakan Miss Jepang 2015, Ariana Miyamoto (20).

Sejak kecil, perempuan berdarah campuran Amerika, Afrika, dan Jepang itu sudah akrab dengan ejekan dan perlakuan diskriminasi rasial. "Teman sekolah saya dulu bahkan tidak mau menyentuh saya," ujar gadis berkulit gelap itu, seperti dilansir Japan Today, 5 April.

Bahkan di tempat umum Miyamoto sering diperlakukan seperti orang asing. Pegawai restoran kerap memberinya menu makanan berbahasa Inggris, padahal dia sangat fasih dengan huruf kanji dan kana Jepang.

Miyamoto adalah segelintir nama yang berhasil menuai sukses di Jepang sebagai orang multirasial. Seorang sahabatnya, yang juga multirasial, tidak kuat menahan ejekan dan memutuskan bunuh diri. Karena itu Miyamoto bertekad berbuat sesuatu terhadap pola pikir masyarakat Jepang tersebut.

"Dia selalu merasa tak diterima di sini. Hal itu juga yang membuat dia menolak eksistensi dirinya sendiri," ujar Miyamoto, yang akan mengikuti ajang Miss Universe 2015 nanti.

Meskipun begitu, Miyamoto tetap optimistis jika pandangan masyarakat Jepang terhadap orang multirasial akan berubah. Angka pernikahan multirasial di sana sudah jauh meningkat dibandingkan angka pada tahun 1980.

"Japang sedang mengubah dirinya. Kelak saya yakin siapa pun yang menguasai bahasa dan budaya Jepang akan diterima di sini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro