Health

Minumlah 1 Gelas Air Putih Setiap 2 Jam

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 4 Juni 2015 - 02:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Bisnis.com, JAKARTA—Bingung menentukan waktu yang pas untuk menghabiskan delapan gelas air setiap harinya? Paling tidak, setiap dua jam Anda dapat menghabiskan segelas air putih.

Health Marketing Director Danone Aqua Pradono Handojo mengatakan saat tidur, kita tak mungkin meminum apapun. Walaupun sekadar air putih. Oleh karena itu, dari waktu total 24 jam dengan prakiraan waktu istirahat sebanyak 8 jam maka tersisa waktu 16 jam untuk beraktivitas.

Dari waktu itulah dibagi ke dalam jumlah gelas air putih yang harus diminum. Jadilah setiap dua jam, paling tidak segelas air putih harus diteguk. "1 gelas air putih tiap dua jam harus habis. 24 jam dikurangi 8 jam kan 16 jam. Berarti dalam kurun waktu 16 jam kita harus habisin 8 gelas," ujarnya dalam Seminar Media dari Aqua tentang Optimalisasi Asupan Air Putih di Bulan Puasa di Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Sri Sukmaniah mengatakan mengatakan terkait suhu air putih tak masalah. Pasalnya, saat masuk ke dalam tubuh seluruh cairan akan mengalami penyesuaian suhu. Pada siang hari, memang diperbolehkan meminum air putih yang temperaturnya menyentuh angka 5° Celcius.

Sebenarnya, tuturnya, air putih terbaik adalah yang suhunya sesuai dengan suhu tubuh ataupun sesuai suhu ruangan. "Yang paling baik sesuai suhu tubuh. Suhu ruangan juga baik. Climate sangat panas dan haus yang sangat jelas boleh minum air dingin sampai 5° Celcius," katanya.

Kendati melewati proses pemanasan ataupun pendinginan, mineral dalam air, katanya, tak akan hilang. Hal ini karena, sifat mineral berbeda dengan sifat vitamin yang mudah hilang saat bertemu dengan suhu berbeda. "Mineral tidak rusak dari pemanasan tidak seperti vitamin. Mineral tidak akan hilang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro