Tari Idosolo pada Festival Danau Sentani 2014/sentanilakefestival.com
Travel

Festival Danau Sentani: Ini Dia Agenda Menarik Pada 19-23 Juni 2015

Ropesta Sitorus
Senin, 8 Juni 2015 - 19:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kegiatan Festival Danau Sentani di Jayapura, Papua, kembali digelar tahun ini. Agenda pariwisata budaya ini akan berlangsung di kawasan wisata Khalkote, Sentani Timur, Jayapura, Papua pada 19-23 Juni 2015.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan festival yang mengangkat tema “Budayaku Sejahteraku” diharapkan dapat menggenjot kunjungan wisatawan ke Papua. Kementerian akan membantu mempromosikan FDS dalam branding Wonderful Indonesia maupun dalam Pesona Indonesia.

FDS digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dengan tujuan untuk mempromosikan seni budaya dan obyek wisata, pelestarian seni budaya dan ekosistem di Jayapura. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menggerakkan ekonomi daerah.

“Acaranya akan diresmikan pada Sabtu, 20 Juni 2015 nanti, biar lebih ramai. Diharapkan festival ini sering dilakasanakan agar ekonomi di daerah sekitar Sentani dalam digerakkan,” kata Arief saat jumpa pers di Gedung Kementerian Pariwisata, Senin (8/6/2015).

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw berujar FDS akan diikuti oleh 100 grup tari terdiri dari 24 grup Ondoafi (4 distrik), di sekitar Danau Sentani, 15 grup distrik di lingkup Jayapura, 30 grup dari luar Jayapura, dan 16 grup dari kelompok paguyuban.

Selain Kabupaten dan Kota Jayapura, beberapa kabupaten di Papua juga akan ikut berpartisipasi, seperti Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Asmat, Kabupaten Memberamo Raya, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Sarmi.

“50% kegiatan pertunjukannya akan dilakukan di atas danau dan 50% pertujukan di atas panggung,” ucapnya.

Beberapa keunikan event FDS yang dijanjikan penyelenggara antara lain kegiatan menari di atas perahu, berperang di atas perahu, gema tifa kolosal yang diikuti oleh Ondoafi.

“Yang tak kalah unik adalah atraksi merokok sambil menyelam untuk mencari ikan yang dilakukan oleh ibu-ibu yang usianya sudah agak tua,” kata dia.

FDS 2015 juga akan dimeriahkan pameran dan pasar produk ekonomi meliputi pameran benda-benda budaya, kerajinan batu akik Cycloops, aksesoris, literatur budaya dan hasil-hasil pembangunan.

Selain itu ada juga kegiatan tour seperti tour wisata di Danau Sentani, overland tour dan diplomatic tour. Agenda lainnya yakni pemecahan rekor MURI untuk tebar benih nila 1 juta ekor, kerja bakti massal 10.000 orang, pembersihan Danau Sentani dan bursa batu Cycloops.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro