MERS-Cov landa Korea Selatan/Reuters
Health

Wabah MERS: Ini Anjuran Bagi Masyarakat yang Akan ke Korea Selatan

Tisyrin Naufalty Tsani
Rabu, 10 Juni 2015 - 20:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Middle East Respiratory Syndrome coronavirus atau MERS CoV kembali menjadi bahan pembicaraan hangat, karena adanya sejumlah kasus di Korea Selatan.

Berikut anjuran dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama bagi masyarakat yang akan berpergian ke Korea Selatan dalam waktu dekat.

Pertama, selalu rajin cuci tangan pakai sabun (CTPS), karena sudah terbukti kegiatan ini menurunkan penularan MERS CoV.

Kedua, periksakan diri dahulu ke dokter di Tanah Air jika pernah memiliki sakit kronik sebelumnya (paru, jantung, hipertensi, diabetes mellitus dan lain-lain). Cek keadaan saat ini dan bawa obatnya. Mengapa harus dilakukan? Karena MERS CoV lebih banyak menyerang mereka yang punya penyakit semacam itu sebelumnya.

Ketiga, selama di Korea Selatan batasi kontak dengan mereka yang memiliki gangguan pernapasan dan batasi kunjungan ke klinik atau rumah sakit yang menangani MERS CoV disana.

Keempat, jika selama di Korea Selatan dan 14 hari sesudah kembali ke Indonesia punya keluhan batuk, pilek, panas, dan keluhan pernapasan lain, maka segera menghubungi petugas kesehatan dan sampaikan riwayat kunjungan ke Korea Selatan.

Kelima, selalu ikuti perkembangan keadaan MERS CoV di Korea Selatan dari waktu ke waktu, dan kemudian ikuti rekomendasi-rekomendasi yang nanti mungkin akan dikeluarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro