Pameran foto Alkisah/Antara
Show

Mengangkat Kembali Cerita Rakyat Melalui Foto

Azizah Nur Alfi
Selasa, 11 Agustus 2015 - 08:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Indonesia Kaya dan Grand Indonesia bekerja sama dengan Fotografer Rio Wibowo mempersembahkan pameran foto bertajuk Alkisah yang akan berlangsung di Atrium East Mall Grand Indonesia mulai 10-23 Agustus 2015. Pameran foto Alkisah ini merupakan kolaborasi dunia seni dan fashion yang mengangkat kembali dongeng dan legenda Indonesia.

Proses pemotretan berlangsung sejak 18 Juni hingga 29 Juli 2015, yang berisikan cerita rakyat dari berbagai daerah. Seperti Sabab Nan Aluih dari Sumatera Barat, Si Pitung dari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, Jawa Tarub & 7 Bidadari dari Jawa Tengah, Roro Jonggrang dari Yogyakarta, Bawang Merah Bawang Puith dari Yogyakarta, Keong Mas dari Jawa Timur, Ande Ande Lumut dari Jawa Timur, Calon Arang dari Jawa Timur, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Timun Mas dari Jawa Tengah, Nyi Roro Kidul dari Yogyakarta, Danau Toba dari Sumatera Utara, Asal Mula Banyuwangi dari Jawa Timur, Drupadi dari Legenda Mahabharata, dan
juga Rara Mendut dari Jawa Timur.
 
Fotografer yang lebih dikenal dengan Rio Motret ini menuturkan ide Alkisah muncul ketika dirinya menyadari banyak sekali dongeng luar negeri yang mampu bertahan dari generasi ke generasi. Padahal, di Indonesia lahir berbagai cerita rakyat dari berbagai daerah-daerah yang ada. Maka dia bertekad membuat sebuah pameran foto Alkisah untuk menyadarkan masyarakat Indonesia lebih mengenal kebudayaannya sendiri.
 
Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian menuturkan pameran foto Alkisah ini dapat menjadi medium memperkenalkan cerita rakyat Indonesia melalui seni fotografi, khususnya terhadap generasi muda. Setiap pihak mulai dari penyelenggara hingga seratus pekerja seni yang terlibat memiliki komitmen kuat untuk menghasilkan karya seni tentang cerita rakyat melalui kualitas fotografi terbaik. "Kami berharap pameran foto alkisah ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih mengenal cerita rakyat Indonesia," ujarnya.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro