Relationship

UNICEF Luncurkan U-Report Indonesia

Atiqa Hanum
Minggu, 6 Desember 2015 - 06:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--UNICEF hari ini resmi meluncurkan U-Report Indonesia yakni sebuah platform inovatif baru yang memberi anak muda kesempatan untuk bicara tentang isu-isu yang mempengaruhi hidup mereka.

Dalam keterangan tertulisnya, Michael Klaus, UNICEF Chief of Communication mengatakan U-Report Indonesia adalah sistem jajak pendapat berbasis Twitter yang mengajukan serangkaian pertanyaan kepada anak muda tentang topik-topik penting mulai dari pendidikan hingga kesehatan dan pemerintahan. Respon yang masuk dianalisa oleh UNICEF Indonesia dan informasi dibagi dengan mitra-mitra kunci seperti pemerintah untuk menciptakan perubahan positif.Platform ini sudah dibangun sejak 2014. Selama periode itu, U-Report Indonesia sudah memiliki lebih dari 40.000 U-Reporters, ujarnya, Sabtu (5/12).

Dia menambahkan U-Report pertama kali diluncurkan di Uganda oleh UNICEF Global Innovation Lab. Sejak itu platform ini telah diadopsi oleh 17 negara. Indonesia adalah negara pertama yang menerapkan U-Report di media sosial. U-Report adalah kanal dan platform baru untuk anak muda Indonesia untuk berkontribusi terhadap pembangunan dan komunitas mereka.

UNICEF Innovation Lead Jeffery Hall menjelaskan platform ini akan memberdayakan anak-anak muda dengan menjadikan suara mereka diangkat dan didengar. Masukan dari para U-Reporters akan digunakan untuk menciptakan perubahan nyata di seluruh Indonesia.Memfasilitasi keterlibatan anak muda dalam pembangunan negara ini adalah prioritas bagi UNICEF.

Memberikan anak-anak muda Indonesia akses untuk berkontribusi secara langsung terhadap isu-isu kunci yang mempengaruhi hidup mereka sangat penting bagi keterlibatan positif masyarakat dan warga negara, kata Hall.Selama proses pengembangannya, UNICEF Indonesia melakukan sejumlah survei tentang kekerasan. Ribuan partisipan memberikan jawaban-jawaban yang mencerahkan terhadap topik ini.

Respon tersebut kemudian digunakan sebagai masukan oleh pemerintah dalam menyusun Strategi Nasional atas Kekerasan Terhadap Anak 2015-2019.Selain itu, UNICEF Indonesia menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Pramuka organisasi pemudaan terbesar di Indonesia. Elemen kunci dari kemitraan ini adalah mempromosikan U-Report Indonesia kepada jutaan anggota Pramuka di penjuru Indonesia. Gunakan suaramu, angkat suara mereka di @UReport_id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro