Musisi jazz belia dari Indonesia Joey Alexander/nytimes.com
Musik

Musisi Jazz Muda Joey Alexander Berada di Puncak Tangga Album Billboard

Newswire
Minggu, 24 Januari 2016 - 15:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musisi jazz muda Indonesia, Joey Alexander, saat ini berada di puncak tangga album Billboard untuk musik jazz dan traditional jazz.

Joey, yang baru berusia 12 tahun, menjadi sorotan ketika dia mendapatkan dua nominasi dalam penghargaan musik paling bergengsi, Grammy Awards. Album perdananya, My Favorite Things, saat ini berada pada posisi puncak chart US Billboard untuk jazz dan traditional jazz. 

Dikutip dari Asiancorrespondent.com, Billboard pada Jumat kemarin menyebutkan capaian Joey merupakan sebuah prestasi yang mengesankan. Joey mencetak sejarah sebagai orang Indonesia pertama yang masuk daftar tabel Billboard, yang dipandang sebagai standar mengukur popularitas seorang artis di Amerika Serikat.

Lewat akun resmi Twitter, Billboard bahkan mengucapkan selamat kepada Alexander. “Selamat untuk pianis umur 12 tahun @_JoeyAlexander yang menjadi nomor 1 di tabel album jazz!” cuit @billboard.

Saat ini Joey yang lahir di Denpasar, Bali, menetap di New York. Ia mulai bermain jazz sejak usia 6 tahun. Sejak itu, kariernya meroket melampaui semua ekspektasi. Joey kini berpeluang memenangi dua nominasi penghargaan Grammy kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album.

Bila Joey berhasil memenangi salah satunya saja, dia akan tercatat sebagai pemenang penghargaan Grammy termuda sepanjang masa. Dia juga akan mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang LeeAnn Rimes, yang menerima dua Grammy saat berumur 14 tahun.

Acara pengumuman penghargaan Grammy akan berlangsung kurang dari sebulan lagi, yakni pada 15 Februari 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro