Ilustrasi/wikimedia.org
Fashion

INTERIOR RUMAH: Santai Sejenak di Entertainment Room

Novie Isnanda Pratama
Minggu, 21 Februari 2016 - 00:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Anda berencana membuat sebuah ruangan khusus hiburan di rumah?

Jika ya, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting agar ruang hiburan dapat sesuai dengan harapan.

Desainer Interior PT. De Stijl Cipta Kreasi Rina Renville menuturkan tiga hal yang perlu diperhatikan saat membuat ruang hiburan, adalah sistem peredam suara dalam ruangan, aliran listrik, dan tingkat keakustikkannya.

Menurutnya, ruang hiburan merupakan suatu treatment yang khusus dibanding dengan ruangan lain. Selain itu, entertainment room juga merupakan suatu ruangan sekunder dalam sebuah hunian.

“Fungsi ruangan di dalam hunian yang sifatnya sekunder, adalah entertainment room, apakah itu game room, movie room, atau music room. Ruang hiburan ini merupakan special treatment, dibuat tidak sama standarnya dengan ruangan lain. Jadi, harus diperhatikan peredaman suaranya, aliran listriknya khusus dan tingkat akustiknya,” jelas alumni Fakultas Seni dan Desain ITB itu.

Selain itu, entertainment room juga harus dibuat sesuai dengan kebutuhan penghuni. Apakah

Anda lebih tertarik untuk menonton, bermain musik, atau karaoke.

Jika Anda ingin membuat movie room, ada baiknya memperhatikan betul tingkat peredaman suara di ruangan tersebut. Selain itu, hindari penggunaan material yang membentuk sudut, karena dapat memantulkan suara sehingga membuat suara yang diperdengarkan dari speaker akan ‘bocor’ keluar.

Begitu juga dengan speaker, pengeras suara juga hendaknya ditempatkan di titik-titik yang benar sehingga nantinya suara yang dikeluarkan dari home theatre tidak membuat telinga sakit, dan mengganggu kenyamanan saat menonton bersama sahabat atau keluarga.

KEBUTUHAN HIBURAN

“Entertainment room dibuat sesuai dengan kebutuhan hunian, misal penghuni ingin menonton di rumah bisa dibuat movie room.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah lagi-lagi kekedapan suara.

Hindari pemakaian sudut, karena dapat memantulkan suara,” ungkap Rina.

Satu hal yang tak kalah penting jika ingin membua movie room adalah memperhatikan jarak antara sofa dan layar televisi anda.

Jaraknya disesuaikan dengan lebar televisi. Semakin besar layar, semakin jauh jarak antara televisi dan sofa.

Dari sisi pencahayaan, Anda dapat memasangkan dimmer di dalam ruang hiburan. Penggunaan dimmer sangat disarankan untuk mengatur tingkat keredupan cahaya di dalam ruangan sehingga sesuai dengan kebutuhan menonton Anda.

“Movie room itu juga ada pengaturan tentang speaker dan lampu. Set lampu harus memakai dimmer. Jadi, cahaya yang dikeluarkan bisa sesuai. Selain itu, titik pemasangan speaker juga tidak boleh salah supaya suara yang dihasilkan betul-betul pas,” jelas Rina.

Guna membangun entertainment room yang cerdas, Anda perlu memastikan berapa daya listrik di rumah. “Perlu koordinasi dengan pihak elektrik.

Jadi, desainer tidak hanya memikirkan estetik tetapi juga memikirkan fungsi,” kata Rina.

Sementara itu, untuk mengoptimalkan fungsi entertainment room, Anda juga dapat membuat bar yang ditempatkan di sudut ruang hiburan. Hal itu bertujuan untuk menjadikan ruang hiburan menjadi multifunction entertainment room.

“Biasanya di entertainment room ada bar corner, ada orang karaoke sambil minum sedikit, ada makanan sedikit. Jadi punya seperti little pantry, sambil menonton bisa sambil makan. Jadi ada bar corner, ada orang karaoke sambil minum sedikit, ada makanan sedikit. Jadi punya seperti little pantry, sambil menonton bisa sambil makan. Jadi ruang hiburan itu multifunction entertainment room, dapat mendengarkan musik, menonton film, karaoke, dan sebagainya,” kata Rina

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bisnis Indonesia Weekend (21/2/2016)
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro