Gigi sehat/youtube
Health

Inilah Penyebab Gigi Geraham Kerap Berlubang

Veronika Yasinta
Minggu, 5 Juni 2016 - 22:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit gigi kerap melanda sebagian orang yang tidak memperhatikan kesehatan giginya. Tak jarang sakit itu menyerang pada gigi bagiab belakang atau gigi geraham sehingga membuat kesulitan mengunyah.

Dokter gigi Oktri Manessa dari Oktri Manessa Dental Clinic mengatakan anatomi atau bentuk gigi geraham memiliki lekukan-lekukan dalam sehingga memicu makanan kerap terjebak di dalamnya. Lekukan itu seperti parit-parit kecil yang terdapat pada permukaan kunyah gigi-gigi belakang. Struktur itulah yang sulit dibersihkan karena sukar dijangkau oleh sikat gigi biasa.

“Lama kelamaan gigi geraham menjadi sarang sisa makanan dan plak yang dapat menyebabkan gigi berlubang,” katanya dalam akun instagram @drg_oktrimanessa.

Menurutnya, membiasakan diri untuk segera membersihkan gigi usai makan menjadi strategi terbaik untuk mencegah sakit gigi. Pilih sikat yang ujungnya mengecil hingg bisa menjangkau sampai ke ujung gigi paling belakang.

Namun, jika sudah terdapat warna kecokelatan di lekukan gigi geraham maka harus segera diperiksa oleh dokter gigi untuk segera dilakukan tindakan pit and fissure sealant.

Pit and fissure sealant adalah tindakan dengan mengaplikasikan bahan (fissure sealant) pada lekukan di gigi geraham  sehingga tercipata lapisan tipis yang berguna untuk menjaga permukaan kunyah gigi bebas dari karies.

“Dokter akan membersihkan bagian cokelat-cokelat tersebut, lalu dilapisi dengan bahan yang sewarna dengan gigi. Jadi terlindung dengan bahan yang sewarna dengan gigi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro