Ilustrasi/Healthmeup
Health

Migren Pada Perempuan Picu Penyakit Kardiovaskular

Mia Chitra Dinisari
Senin, 6 Juni 2016 - 12:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Perempuan yang mengalami keluhan migren berpotensi besar mengalami serangan jantung, demikian menurut sebuah studi yang baru diungkapkan.

Migren adalah keluhan sakit kepala yang dibarengi dengan rasa sakit seperti ditusuk dan sensitif terhadap cahaya dan suara.

Studi terbaru tersebut menunjukkan jika perempuan yang mengalami migren berpotensi mengalami maslaah kardiovaskular, termasuk serangan jantung, stroke dan angina. Umumnya mereka akan mengalami sakit dada, karena adanya tekanan darah pada jantung.

Migren juga dikaitkan dengan potensi risiko tinggi kematian karena kardiovaskular.

Studi ini dilakukan berdasarkan hasil penelitian terhadap beberapa perempuan yang masuk dalam grup dengan kategori usia, kebiasaan merokok, hipertensi, terapi hormon postmenopausal, dan juga menggunakan kontrasepsi.

"Hasilnya jika migren berperan besar untuk memicu risiko tinggi beberapa penyakit kardiovaskular, terutama pada perempuan," demikian menurut Tobias Kurth dari Harvard T.H. Chan School of Public Health di AS.

Studi tersebut dipublikasikan di The BMJ, berdasarkan penelitian tim yang mengaitkan antara migren, penyakit kardiovaskular, dan kematian.

Mereka menganalisa sebanyak 11.5541 orang perempuan dengan usia 25-42 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro