Ed Sheeran/Reuters
Entertainment

Setelah Photograph, Thinking Out Loud Milik Ed Sheeran Juga Digugat

Juli Etha Ramaida Manalu
Rabu, 10 Agustus 2016 - 10:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Ed Sheran penyanyi pria asal Inggris menghadapi gugatan hak cipta atas hits-nya Thinking Out Loud.

Pewaris komposer Marvin Gaye untuk Lagu Let’s Get It On menuntutnya pada Selasa (9/8/2016) dan mengklaim lagu Thinking Out Lout meniru elemen-elemen inti dari salah satu lagu penyanyi beraliran soul tersebut yang keluar pada 1973 lalu.

Berdasarkan dokumen gugatan di pengadilan Federal di distrik bagian selatan New York, gugatan pelanggaran hak cipta diajukan oleh ahli waris Ed Townsend yang ikut menulis lirik Let’s Get It On pada 1973 dan menciptakan komposisi musikalnya.

Perwakilan Sheeran, Sony/ATV Music Publishing, dan Atlantic Records sejauh ini belum merespon terkait kasus ini.

Gugatan yang meminta sidang juri untuk menilai kerugian akibat pelanggarsan hak cipta ini menyebutkan bahwa pergerakan chord dalam lagu, melodi, dan elemen ritme dalam lagu Let’s Get It On memiliki struktur yang sama dengan lagu Thinking Out Loud yang dinyanyikan oleh Ed Sheeran

 “Pihak tergugat meniru bagian’heart’ di Let’s dan mengulangnya secara terus menerus di bagian’thinking,”seperti dikutip dari Reuters, Rabu (10/8/2016).

Sheeran yang pernah menyabet Grammy Award merupakan salah satu artis asal Inggris dengan penjualan karya tertinggi selama dua tahun terakhir. Dia juga telah menjadi penulis atau menulis bersama untuk lagu-lagu sejumlah artis lain seperti One Direction, Taylor Swift, dan Justin Bieber.

Gugatan tersebut diajukan dua bulan setelah sejumlah musisi asal California menggugat Sheeran sebesar US$20 juta atas lagunya yang berjudul ‘Photograph’.

Keluarga Gaye tahun lalu sukses menggugat atris R&B, Robin Thicke dann Pahrrell Williams atas kasus pelanggaran hak cipta lagu berjudul Blurred Lines dan memenangkan US$7.4 juta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro