Nila Moeloek/Antara
Health

Wabah Virus Zika: Kemenkes Keluarkan Travel Advisory

Nancy Junita
Kamis, 1 September 2016 - 14:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenkes akan keluarkan travel advisory (saran perjalanan) terkait berkembangnya kasus Zika di Singapura.

Hal ini dikarenakan meningkatnya kasus Zika dari sebelumnya 41 kasus menjadi 82 kasus infeksi Zika saat ini.

“Untuk Zika kita sudah jelaskan, Singapura terbukti ada Zika meningkat oleh karena itu harus waspada. Kita akan keluarkan travel advisory dan kita sedang komunikasikan dengan Kemenlu, karena ini membutuhkan advice dari Kemenlu”, ujar Menkes Nila Farid Moeloek di Gedung Nusantara DPR, Jakarta (31/8/2016), seperti dilansir  Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan.

Kemenkes telah melakukan langkah-langkah pencegahan infeksi Zika masuk Indonesia dengan menginstruksikan kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan untuk melakukan pengecekan terhadap orang-orang yang datang ke Indonesia, khususnya dari negara yang terinfeksi Zika seperti Brasil dan Singapura. Pengecekan yang dilakukan antara lain dengan pengambilan darah dan pemberian health alert card.

“Kami meminta kepada yang datang ke Indonesia terutama yang mengalami gejala demam dan ruam untuk diperiksa dan diambil darahnya. Selain itu juga mengisi health alert card sehingga bila dalam pemeriksaan positif akan kita panggil kembali”, tambah Menkes.

Menkes mengimbau kepada masyarakat yang ingin bepergian ke Singapura untuk bisa menunda perjalanannya bila memang bukan dalam keperluan yang penting.

Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk virus Zika, namun orang yang menderita Zika akan sembuh sendiri atau self limiting disease karena tubuh akan membentuk sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus yang menyerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Sehatnegeriku.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro