Gudeg Yu Nap di Festival Jajanan Bango 2015/Bisnis.com-Reni Efita Hendry
Kuliner

Cerita Unik di Balik Berbagai Kuliner Nusantara

Wike Dita Herlinda
Rabu, 21 September 2016 - 16:26
Bagikan

Gudeg (DI Yogyakarta)

Menurut Pusat Kajian Makanan Tradisional (PMKT) Universitas Gajah mada, gudeg diduga telah ada sejak tahun 1500-an bersamaan dengan didirikannya kerajaan Mataram Islam di hutan Mentaok, Kotagede.

Untuk membangun kerajaan itu, ada banyak pohon yang terpaksa ditebang. Beberapa dari pohon di hutan yang ditebang a.l. pohon nangka, melinjo, dan kelapa. Saking banyaknya pohon-pohon tersebut yang ditebang, buah-buahnya pun banyak yang berjatuhan.

Warga pun kelimpahan buah gori (nangka muda) dan melinjo, sehingga mereka terinspirasi untuk mengolahnya menjadi sebuah sajian untuk mencukupi logistik pangan para pekerja yang membangun kerajaan.

Gori yang diolah dalam jumlah sangat besar itu diaduk (hangudeg) dengan menggunakan dayung perahu. Proseshangudeg itulah yang menginspirasi lahirnya penamaan gudeg pada makanan khas Jogja ini.

Pada 1600-an, gudeg yang berasal dari rakyat jelata mulai banyak disajikan kepada tamu-tamu kerajaan. Hal itu salah satunya tercatat dalam literatur Jawa, Serat Centhini. Karena proses memasaknya yang lama, gudeg belum terlalu dikomersialkan hingga 1940-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro