Berpelukan/Istimewa
Health

Berpelukan Turunkan Tekanan Darah & Risiko Infeksi

Newswire
Selasa, 2 Mei 2017 - 17:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah pelukan nyatanya mempunyai manfaat bagi seseorang, salah satunya membuat dia merasa didukung, menurut sebuah penelitian.

"Studi menunjukkan, bahwa orang merasa lebih baik dan lebih terhubung dengan pasangan mereka saat mereka berpelukan atau sering bersentuhan," ujar pakar hubungan, Terri Orbuch, PhD.

"Ketika kita terhubung secara fisik melalui pelukan, membuat kita merasa terhubung secara emosional dan psikologis dengan orang lain, hal itu menenangkan kita," sambung dia.

Selain itu, sebuah penelitian dalam jurnal Biological Psychology memperlihatkan, pelukan juga bisa menurunkan tekanan darah. Peneliti menemukan, bahwa semakin sering seorang istri dipeluk suaminya berhubungan dengan penurunan tekanan darahnya.

Tak hanya itu, sebuah pelukan misalnya dari seorang ibu bagi putrinya bisa menurunkan kadar stres sang putri. Para peneliti dari University of Wisconsin-Madison School of Medicine menempatkan sekelompok anak perempuan berusia 7-12 tahun dalam situasi penuh tekanan seperti meminta mereka berpidato tiba-tiba hingga memecahkan soal matematika.

Mereka yang pada akhirnya menerima pelukan dari ibundanya diketahui berkurang hormon stresnya.

Manfaat lain sebuah pelukan yakni menurunkan risiko infeksi seseorang. Dalam sebuah studi pada tahun 2014, peneliti dari Universitas Carnegie Mellon, menemukan bahwa orang-orang yang mengalami stres berisiko lebih rendah terkena infeksi bila merasa memiliki dukungan sosial yang memadai dalam mereka. Demikian seperti dilansir Time.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro