Tekan Risiko Menopause dengan Konsumsi Sayuran

Banyak mengonsumsi sayuran terutama yang mengandung protein semisal kedelai, biji-bijian pada umumnya bisa melindungi para perempuan terkena menopause dini.
Newswire | 30 Juni 2017 18:25 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak mengonsumsi sayuran terutama sayuran yang mengandung protein seperti kedelai, biji-bijian bisa melindungi para perempuan terkena menopause dini.

Menopause dini biasanya terjadi di usia sebelum 45 tahun dan dialami sekitar 10 persen perempuan di dunia. Hal ini berhubungan dengan meningkatkanya risiko munculnya penyakit kardiovaskular, osteoporosis dan penurunan fungsi kognitif.

Dalam sebuah studi dalam American Journal of Epidemiology diketahui, mereka yang mengonsumsi 6,5 persen vitamin dari sayuran berisiko 16 persen lebih rendah mengalami menopause dini.

Untuk perempuan, konsumsi 2000 kalori per hari setara dengan 3-4 porsi makanan seperti tofu, kacang-kacangan atau sereal sarapan.

Untuk keperluan studi, para peneliti mengevaluasi hubungan antara diet dan risiko menopuase pada 116.000 orang perempuan berusia 25-42 tahun. Demikian seperti dilansir Indian Express.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
menopause

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top