Ilustrasi kanker paru/Istimewa
Health

Tumor di Rongga Dada Ini Hanya Bisa Diobati dengan Kemo dan Radiasi

Yoseph Pencawan
Selasa, 13 Maret 2018 - 06:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Limfoma Maligna merupakan satu dari enam jenis kanker berbahaya yang paling sering menyerang anak-anak.

Menurut dr. Abdul Kadir, Direktur Utama Rumah Sakit Dharmais, Limfoma Maligna adalah suatu keganasan primer jaringan getah bening yang bersifat padat.

"Ada dua klasifikasi Limfoma berdasarkan histopatologis, yaitu Limfoma Hodgkin dan Limfoma Non Hodgkin," ujarnya, belum lama ini.

Menurut dia, masyarakat, khususnya para orang tua harus mewaspadai tanda-tanda atau gejala dari penyakit kanker ini untuk dapat mengambil tindakan yang cepat.

Kondisi pertama yang perlu diperhatikan adalah terjadinya pembengkakan kelenjer getah bening yang progresif di leher (spesifik di tulang belikan), ketiak dan pangkal paha.

Selain pembengkakan tanpa rasa nyeri itu penderitanya juga akan mengalami sesak nafas dan sindrom vena cava superior yang disebabkan oleh desakan tumor di rongga dada.

Selain itu, bisa juga terjadi penyumbatan saluran pencernaan akibat tumor yang berlokasi di daerah perut.

Dan gejala yang lebih bisa dilihat secara kasat mata adalah terjadinya demam, keringat malam, lemah, lesu dan nafsu makan berkurang (berat badan berkurang drastis).

"Kasus kanker jenis ini hanya bisa diobati dengan cara kemoterapi dan sinar radiasi."

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro