Tumor di Rongga Dada Ini Hanya Bisa Diobati dengan Kemo dan Radiasi

Limfoma Maligna merupakan satu dari enam jenis kanker berbahaya yang paling sering menyerang anak-anak.
Yoseph Pencawan | 13 Maret 2018 06:32 WIB
Ilustrasi kanker paru - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Limfoma Maligna merupakan satu dari enam jenis kanker berbahaya yang paling sering menyerang anak-anak.

Menurut dr. Abdul Kadir, Direktur Utama Rumah Sakit Dharmais, Limfoma Maligna adalah suatu keganasan primer jaringan getah bening yang bersifat padat.

"Ada dua klasifikasi Limfoma berdasarkan histopatologis, yaitu Limfoma Hodgkin dan Limfoma Non Hodgkin," ujarnya, belum lama ini.

Menurut dia, masyarakat, khususnya para orang tua harus mewaspadai tanda-tanda atau gejala dari penyakit kanker ini untuk dapat mengambil tindakan yang cepat.

Kondisi pertama yang perlu diperhatikan adalah terjadinya pembengkakan kelenjer getah bening yang progresif di leher (spesifik di tulang belikan), ketiak dan pangkal paha.

Selain pembengkakan tanpa rasa nyeri itu penderitanya juga akan mengalami sesak nafas dan sindrom vena cava superior yang disebabkan oleh desakan tumor di rongga dada.

Selain itu, bisa juga terjadi penyumbatan saluran pencernaan akibat tumor yang berlokasi di daerah perut.

Dan gejala yang lebih bisa dilihat secara kasat mata adalah terjadinya demam, keringat malam, lemah, lesu dan nafsu makan berkurang (berat badan berkurang drastis).

"Kasus kanker jenis ini hanya bisa diobati dengan cara kemoterapi dan sinar radiasi."

 

 

Tag : kanker
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top