Ini 5 Cara Kendalikan Kebiasaan Boros

Siapa bilang asal mendapatkan pendapatan yang cukup berarti masalah Anda sudah terlewati? Menavigasi keuangan pribadi adalah kegiatan yang merepotkan, bahkan untuk orang dewasa yang bekerja.
Dhiany Nadya Utami | 21 April 2018 00:28 WIB
Ilustrasi orang berbelanja. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -- Siapa bilang asal mendapatkan pendapatan yang cukup berarti masalah Anda sudah terlewati? Menavigasi keuangan pribadi adalah kegiatan yang merepotkan, bahkan untuk orang dewasa yang bekerja.

Dikutip dari The Balance, Anda butuh keterampilan manajemen uang yang memadai untuk menyesuaikan pendapatan dan gaya hidup Anda saat menjalankan pekerjaan Anda.

Berikut adalah beberapa tip mendasar guna mengatur keuangan pribadi yang harus disadari setiap pekerja:

1. Tetapkan Tujuan
Jika Anda tidak memiliki tujuan yang ditetapkan untuk bekerja maka Anda akan kesulitan untuk menemukan motivasi.

Baik itu hendak membeli rumah impian atau menabung untuk pensiun, tentukan dengan cermat tujuan-tujuan ini dan cari tahu berapa banyak yang harus Anda hemat sehingga Anda dapat menyusun rencana untuk sampai ke sana.

2. Perketat Pengeluaran
Sangat mudah dalam dunia yang didorong konsumen ini untuk hidup di luar kemampuan, tetapi aturan praktis yang baik adalah mencoba menghemat setidaknya 15% dari penghasilan Anda.

Jika Anda merasa mudah untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar, cobalah membayar barang-barang seperti pakaian dan belanjaan dengan uang tunai, bukan kartu kredit atau kartu debit.

Penarikan jumlah tetap setiap bulan membantu Anda lebih sadar dan membuat pilihan pengeluaran yang lebih baik.

3. Buatlah bujet
Sering nongkrong di coffee shop untuk menyelesaikan tugas kantor Anda? Jika demikian, buatlah anggaran. Anggaran memainkan peran penting dalam mengangsur utang, mengendalikan pengeluaran Anda, dan membuat Anda tetap pada jalur tujuan finansial Anda. Tetapkan batas pengeluaran harian Anda sehingga Anda dapat menebus kelalaian di hari lain.

4. Jangan gila belanja
Mungkin kantor Anda dekat dengan mal atau toko barang antik kesukaan Anda. Jika demikian, maka berhati-hatilah terutama ketika Anda menemukan diskon. Cobalah untuk memikirkan apa yang benar-benar Anda butuhkan dari rumah Anda sehingga Anda memiliki kebebasan untuk membelanjakan kebutuhan lain.

5. Jangan biarkan dunia keuangan mengalahkan Anda
Guru finansial sekelas Dave Ramsey telah mengamati bahwa 80% dari trik mengatur keuangan pribadi adalah perilak, bukan pendidikan. Berlawanan dengan kepercayaan populer, Anda tidak perlu menjadi ahli keuangan di pasar saham untuk mulai membangun portofolio Anda dan mempersiapkan masa depan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah bekerja untuk membangun rencana yang solid dan Anda bisa berkomitmen serta pertahankan selama bertahun-tahun.

Tag : boros, tips keuangan
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top